Hadapi Laga Penting, Tim Indonesia Siap Tempur Lawan Singapura

Hadapi Laga Penting, Tim Indonesia Siap Tempur Lawan Singapura

Nasional | jawapos | Sabtu, 7 Mei 2022 - 23:20
share

JawaPos.com- Tim putra Indonesia menyatakan siap tempur dalam laga perdana Thomas Cup 2022. Indonesia akan berhadapan dengan Singapura pada partai pembuka di Impact Arena, Bangkok, Thailand besok (8/5).

Kesiapan tersebut tampak dari latihan hari ini (7/5). Pemain menyatakan sudah tidak sabar untuk membela tim Merah Putih.

Latihan berlangsung di lantai 4 Gedung Serbaguna Kantor Sekretaris Tetap Departemen Pertahanan Sri Saman, Bangkok, selama satu jam.

Tim Piala Thomas Indonesia tergabung di Grup A bersama dengan Korea Selatan, Singapura, dan tuan rumah Thailand. Di pertandingan perdana, Anthony Ginting dkk bakal melawan Singapura di Impact Arena, Bangkok, pada Minggu (8/5) mulai pukul 14.00 siang waktu setempat.

Kami tentu akan menurunkan kekuatan terbaik. Lawan Singapura harus kami menangkan. Saya lihat kondisi pemain juga baik dan siap tempur, kata manajer tim Hendro Santoso dikutip dari siaran pers PP PBSI.

Hal serupa diamini pelatih tunggal putra, Irwansyah. Menurutnya, para pemain Indonesia sudah siap tempur. Persiapannya juga baik dan tidak ada kendala.

Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito serta dua pemain debutan, Tegar Sulistio, dan Syabda Perkasa Belawa berlatih teknik bersama-sama untuk memaksimalkan feeling pukulan.

Hari ini latihannya ditujukan untuk lebih mengenakkan feeling pukulan saja. Sementara bicara soal kondisi pemain, juga oke semua. Semua pemain siap diturunkan. Kita siap tempur dan menurunkan kekuatan terbaik saat melawan Singapura, ucap Irwansyah.

Pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi mengatakan bahwa laga lawan Singapura ini begitu penting. Oleh karena itu, sektor ganda putra bakal menurunkan kekuatan terbaik.

Kami turunkan pasangan terbaik untuk menghadapi Singapura. Untuk siapa yang tampil, semuanya berdasarkan bagaimana hasil dan performa latihan siang ini, ucap Herry IP.

Hari ini para pemain ganda putra berlatih pertandingan 1 lawan 3. Suasananya demikian cair. Dilanjutkan dengan 2 lawan 2. Hendra Setiawan/Mohamad Ahsan lawan Fajar Alfian/Rian Ardianto. Dan Hendra/Ahsan menghadapi Bagas Maulana/Muhammad Shihibul Fikri.

Di lapangan lain, karena jumlah pemain ganda hanya 7 orang, Fajar/Rian terpaksa melawan Kevin Sanjaya yang dibantu pemain tunggal Tegar Sulistio.

Kapten tim Indonesia Hendra Setiawan menghimbau agar rekan-rekannya tidak boleh lengah saat menghadapi Singapura.

Apalagi kini Singapura juga bertambah kuat dengan diperkuat Loh Kean Yew, sang juara dunia. Jadi kita tidak boleh lengah, ucap Hendra.

Dalam tim Thomas kali ini ada dua debutan. Yaitu Tegar Sulistio dan Syabda Perkasa Belawa. Kendati ini pengalaman pertama, kedua pemain ini merasa begitu nyaman bergabung dalam tim.

Tidak ada ketegangan. Ini karena para senior juga mengayomi kami yang junior. Saya selalu mendengar dan hormat kepada para senior. Saya harus menghargai mereka. Seandainya disuruh apa saja, saya mau, ucap Tegar.

Saya senang sekali bisa masuk tim Piala Thomas. Apalagi senior-senior saya juga sangat baik dan menyambut kami dengan hangat. Suasananya juga begitu kompak dan akrab. Semoga saja, saya bisa mengikuti jejak para senior ini dan bisa berprestasi, tutur Syabda.

Hari Sabtu (7/5) pagi tim Indonesia menjalani tes Covid-19 di Hotel Ibis Bangkok Impact. Ini tes kedua setelah kedatangan Rabu (3/5). Berbeda dengan tes pertama dengan sistem colok mulut, kini pemain, pelatih, dan tim pendukung cukup menjalani tes saliva atau lewat air ludah. Hasilnya, seluruh anggota tim Indonesia negatif.

Topik Menarik