Loading...
Loading…
Puncak Arus Balik di Tol Pejagan-Pemalang Diprediksi Terjadi pada Minggu

Puncak Arus Balik di Tol Pejagan-Pemalang Diprediksi Terjadi pada Minggu

Nasional | gatra.com | Sabtu, 07 Mei 2022 - 17:11

Brebes, Gatra.com - Sebanyak 70 ribu kendaraan pemudik sudah kembali ke Jakarta melalui ruas Tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah saat pemberlakuan one way . Puncak arus balik diprediksi terjadi Minggu (8/5) atau H+6 Lebaran.

Kepala Seksi Pelayanan Transaksi PT Pejagan-Pemalang Tol Road Deni Harjono mengatakan, sejak diberlakukannya sistem one way atau satu arah ke Jakarta dari Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang pada Jumat (6/5), volume kendaraan yang melintas terpantau sudah mengalami peningkatan.

"Sampai dengan tadi malam terjadi peningkatan jumlah kendaraan. Tapi jumlah totalnya masih kami data. Data sementara, sekitar 70 ribu kendaraan yang melintas," kata Deni, Sabtu (7/5).

Peningkatan volume kendaraan tersebut menurut Deni membuat rest area dipenuhi kendaraan pemudik. Untuk mencegah terjadinya kemacetan, pengelola memberlakukan buka tutup.

Pemudik yang hendak beristirahat di rest area yang kondisinya sudah penuh diminta meneruskan ke rest area berikutnya.

"Semalam terjadi kepadatan di rest area dan diberlakukan buka tutup di rest area-rest area tipe B. Ada tiga rest area tipe B di ruas Pejagan-Pemalang," ujarnya.

Baca Juga :
Puluhan Ribu Kendaraan Mulai Tinggalkan Jateng via Tol Pejagan-Pemalang

Deni mengatakan, peningkatan kepadatan diperkirakan masih akan terus terjadi pada Minggu (?8/5). H+6 Lebaran itu diprediksi menjadi puncak arus balik di tol.

"Perkiraannya, jumlah kendaraan yang melintas saat hari Minggu besok bisa mencapai sekitar 90 ribu kendaraan," ujar dia.

Menurut Deni, perkiraan jumlah kendaraan yang melintas saat puncak arus balik tersebut lebih tinggi dibandingkan saat puncak arus mudik. Pada puncak arus mudik, yakni 29 April 2022 atau H-3 Lebaran, jumlah kendaraan melintas di ruas tol Pejagan-Pemalang mencapai 87 ribu unit.

"Jumlah itu sesuai dengan prediksi dan dilihat dari kepadatannya, H-3 Lebaran adalah puncak arus mudik," tandasnya.

Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto mengatakan, kepadatan di ruas tol sempat terjadi di KM 260, KM 248 dan KM 252 saat hari pertama di berlakukannya sistem one way. Kepadatan ini diakibatkan banyaknya Kendaraan yang akan masuk ke rest area .

"Kami koordinasi dengan pengelola dan petugas pos PAM dan melakukan penambahan personil di rest area KM 260 A dan KM 252 B. Setelah dilakukan pengaturan dan melakukan sistem buka tutup, permasalahan dapat diatasi. Sampai dengan saat ini arus balik di jalan yg melewati wilayah Brebes ramai lancar," ujar Faisal, Sabtu (7/5).

Baca Juga :
Puncak Arus Balik Libur Paskah Diprediksi Malam Ini

Original Source

Topik Menarik