Loading...
Loading…
Penumpang Diminta Turun di Dalam Terminal

Penumpang Diminta Turun di Dalam Terminal

Nasional | koran-jakarta.com | Sabtu, 07 Mei 2022 - 08:57

JAKARTA - Pengelola Terminal Kalideres mengimbau kepada penumpang untuk turun di dalam terminal. "Sebaiknya penumpang turun di dalam terminal. Jangan di pinggir jalan karena bisa membahayakan keselamatannya. Kalau di dalam terminal ada ruang tunggu, petugas keamanan, toilet dan sebagainya," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen, Jumat (6/6).

Revi menambahkan, penumpang bus akan lebih terjamin keamanannya di dalam terminal karena petugas selalu bersiaga. Kalau di pinggir jalan, khawatir hujan dan ketemu orang tidak benar. Kalau di terminal petugas keamanan cukup lengkap. Penumpang juga dapat bertanya kepada petugas, sehingga bisa lebih pasti.

Lebih lanjut Revi juga mengimbau pemudik jangan mudah percaya orang tidak dikenal yang berpura-pura menawarkan bantuan. Sebab dikhawatirkan akan menjadi kejahatan. Meski demikian, Revi mengatakan, saat ini situasi Terminal Bus Kalideres dalam kondisi aman dan kondusif. Tidak ada satu pun laporan kejahatan dari pemudik.

Siagakan Petugas

Sementara itu, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga yang akan bepergian atau datang, terminal Kampung Rambutan menyiagakan 60 petugas setiap hari. "Mereka gabungan dari gabungan dari kepolisian, dinas perhubungan, Satpol PP, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni.

Baca Juga :
Turun di Terminal Tirtonadi, Penumpang Bakal Di-swab Antigen

"Kami menyiapkan sekitar 60 personel setiap hari. Mereka bertugas selama 24 jam penuh untuk mengantisipasi penumpang yang kembali dari kampung halaman melalui Terminal Kampung Rambutan. Kami akan membantu penumpang yang tidak tahu harus menggunakan kendaraan lanjutan atau bus kota," ujar Yulza.

Diamemprediksi puncak arus balik di Terminal Kampung Rambutan, terjadi pada H+4 Lebaran atau Sabtu (7/5). Kemungkinan pada hari Sabtu ini adalah puncak arus balik. Karena Senin (9/5) orang-orang mulai kembali beraktivitas. Hari Minggu mereka bisa beristirahat satu hari.

Untuk perkembangan arus balik dari data yang dihimpun, lanjut Yulza, kedatangan di Terminal Kampung Rambutan mulai meningkat Rabu (4/5) atau H+1 Lebaran. "Tercatat pada 4 Mei ada 3.862 penumpang yang turun di Terminal Kampung Rambutan. Mereka menggunakan 326 bus," katanya.

Kemudian, lanjut Yulza, pada 5 Mei tercatat sebanyak 5.272 penumpang tiba menggunakan 5.272 bus. Sedangkan hari Jumat kemarin datanya belum direkap. Hari ini akan terjadi puncak arus balik. Yulza menegaskan kembali ingin selalu memberi keamanan warga. Maka, dia mengantisipasi lonjakan arus balik dengan menyiapkan puluhan personel setiap hari.

Baca Juga :
Turun di Terminal Tirtonadi, Penumpang Bakal Diswab Antigen

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik Lebaran terjadi pada Jumat (6/5) hingga Minggu (8/5). "Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik terjadi pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei. Untuk menghindari kepadatan arus balik, saya imbau, saya ajak saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik," ujar Jokowi.

Original Source

Topik Menarik