Mudik Lebaran Hidup Lagi Setelah 2 Tahun Sepi, Petugas Bandara Bangga, Penumpang Pesawat Happy

Mudik Lebaran Hidup Lagi Setelah 2 Tahun Sepi, Petugas Bandara Bangga, Penumpang Pesawat Happy

Nasional | rm.id | Jum'at, 6 Mei 2022 - 20:18
share

PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operator 20 bandara bersama seluruh stakeholder , telah melakukan persiapan maksimal dalam memastikan kelancaran angkutan Lebaran (angleb)2022.

Ini adalah suatu kebanggaan tersendiri, mengingat tahun ini pemerintah memberikan lampu hijau untuk aktivitas mudik. Seiring membaiknya penanganan Covid, yang antara lain didukung oleh vaksinasi booster.

Secara kumulatif, pada H-10 hingga H+2 (22 April - 5 Mei 2022), pergerakan penumpang di 20 bandara AP IImencapai 2,47 juta orang, dengan pergerakan pesawat sebanyak 20.301 penerbangan.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta, pada periode tersebut,pergerakan penumpang mencapai 1,58 juta orang dengan pergerakan pesawat 12.812 penerbangan.

AP II juga telah menerima permohonan extra flight penerbangan charter dan berjadwal, yang secara kumulatif berjumlah1.008 penerbangan di seluruh bandara AP II dari berbagai maskapai, untuk periode 20 April - 10 Mei 2022.

Dari permohonan extra flight tersebut, sebanyak 494 extra flight telah digunakan maskapai hingga 6 Mei 2022.

Pemanfaatan extra flight hampir mencapai 50 persendari permohonan. Rasio ini cukup tinggi, karenapemanfaatan extra flight pada periode peak season biasanya berkisar antara 20-30 persen, ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin.

Penyelenggaraan angleb pada tahun ini disambut dengan baik oleh para pemudik dan pekerja bandara, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta, yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia dalam melayani para pemudik.

Pelayanan baik

Sejumlah penumpang yang ditemui hari ini, 16 Mei 2022, sekitar pukul 14.00 WIB di Terminal 2 menceritakan pengalaman melakukan perjalanan pada periode sibuk ini.

Fajri Ramdhani, penumpang pesawat yang melakukan perjalanan Jambi - Jakarta - Jambi menuturkan,pelayanan oleh operator bandara dan penerbangan sejauh ini cukup baik.

Pelayanan baik, tidak ada kendala. Sejauh ini, tidak ada masalah. Penerbangan dalamperiode arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta juga lancar, tidak ada keterlambatan. Terima kasih buat pengelola bandara untuk pelayanannya. Sudah baik. Sudah maksimal, ungkap Fajri,yang hari ini kembali terbang ke Jambi dari Bandara Soekarno-Hatta.

Dia mengapresiasi adanya Airport Health Centre di bandara AP II, yang menyediakan layanan tes Covid-19.

Penerbangan Jakarta - Jambi pada hari ini, antara lain dilayanioleh Batik Air ID6804, dengan jadwal keberangkatan pukul 17.25 WIB.

Sebagian penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, juga melakukan perjalanan wisata seperti Putra Galih dan Aurel Maulana Salam.

Mereka mengapreasiasi fasilitas self check in kiosk yang tersebar di Terminal 2.

Terminal 2 ada check in mandiri ( self check in kiosk ), membantu sekali. Apalagi, pada periode Lebaran (saat tingginya lalu lintas penerbangan). Lebih menghemat waktu, dan membantu dalam hal physical distancing , ujar Putra Galih.

Penerbangan Jakarta - Yogyakarta pada hari ini, antara lain dijadwalkan dengan pesawatID 6372 dengan jam keberangkatan pukul 16.05 WIB.

Sementara itu, salah seorang penumpang pesawat yakni Agustina Rini Ambarwati yang terbang dari Bandara Soekarno-Hatta ke Banjarmasin mengatakan,pemudik sebaiknya juga bisa mempersiapkan waktu dengan baik. Agar bisa memproses keberangkatan di bandara dengan baik.

"Pemudik sebaiknyadatang lebih awal, agar mempersiapkan keberangkatan dengan baik. Terima kasih untuk pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta, atas pelayanan yang sudah maksimal melayani. Semoga, para pemudik dapat kembali dengan lancar, ujar Agustina.

Penerbangan Jakarta - Banjarmasin pada hari ini antara lain dilayani oleh pesawat ID 8216, dengan jadwal keberangkatan pukul 16.20 WIB.

Personel sigap

Kelancaran angkutan Lebaran 2022 di Bandara Soekarno-Hatta, tidak lepas dari kesigapan para personel bandara seperti Dody Prasetyo, Aviation Security di Terminal 2.

Dody mengakusangat bangga, bisa melayani para pemudik. Meskipun waktu bersama keluarga berkurang, karena harus bertugas saat libur lebaran.

Alhamdulilah, penumpang meningkat pada angkutan Lebaran tahun ini. Bahagia, bisa melayani para pemudik untuk kembali ke kampung halaman. Meskipun bertugas di hari Lebaran, tapi ini kebanggaan bagi kami bisa melayani para pemudik, tuturDody.

Hal yang sama diutarakan Rezi Pratama yang bertugas sebagai Customer Service.

"Ini pengabdian yang besar bagi seluruh pengguna jasa bandara AP II," ujar Rezi.

Kelancaran angleb di Bandara Soekarno-Hatta turut berdampak positif bagi tenant komersial.

"Meskipun penumpang pesawat ramai, tapi pelayanan lancar. Sehingga, pengunjung ke tenant meningkat. Terima kasih kepada penumpang pesawat dan petugas Bandara Soekarno-Hatta, yang menjaga kelancaran angkutan lebaran, ujar Dodi, yang bertugas menjaga tenant F & B di Terminal 2. [HES]

Topik Menarik