Ucapan Rektor ITK Bisa Rusak Generasi Bangsa

Ucapan Rektor ITK Bisa Rusak Generasi Bangsa

Nasional | genpi.co | Jum'at, 6 Mei 2022 - 20:20
share

GenPI.co - Advokat Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) Gurun Arisastra menilai ucapan Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Prof Budi Santosa Purwokartiko bisa berbuntut panjang.

Menurut dia, ucapan yang diduga mengarah ke SARA itu bisa merusak generasi bangsa, terutama mahasiswi yang mengenakan hijab.

Gurun menganggap selain mengarah ke SARA, ucapan Rektor ITK itu berpotensi menjauhkan mahasiswi dengan ajaran agama.

"Beliau seorang Guru Besar dan menjabat sebagai Rektor, tentu jadi panutan. Kalau memberikan pernyataan begitu, berpotensi bisa menjauhkan anak bangsa dari agama," ujar Gurun kepada GenPI.co, Kamis (5/5).

Sebelumnya, Rektor ITK Prof Budi diduga melontarkan ujaran SARA ketika mengatakan seseorang yang mengenakan hijab ialah manusia gurun, yang dianggap tidak berpikir terbuka.

Menurutnya, pernyataan Prof Budi tidak pantas dan justru mencederai nilai-nilai kebangsaan.

"Sebagai seorang akademisi berlatar belakang Guru Besar, pernyataannya di publik mendiskreditkan identitas suatu agama tentu sangat tidak pantas," jelasnya.

Selain itu, Gurun mengatakan Prof Budi tidak memahami esensi Pancasila yang mengandung nilai-nilai kebangsaan.

Menurut Gurun, ucapan Prof Budi itu tidak memahami bunyi sila pertama Pancasila.

"Beliau tidak paham sila ke-1 Pancasila, kita harus hormati identitas dan ajaran agama, baik agama sendiri maupun orang lain. Itu pondasi kehormatan bangsa," tutupnya. (*)

Video heboh hari ini:

Topik Menarik