Loading...
Loading…
Puncak Arus Balik di Kampung Rambutan Diprediksi pada Sabtu

Puncak Arus Balik di Kampung Rambutan Diprediksi pada Sabtu

Nasional | republika | Jumat, 06 Mei 2022 - 17:23

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni memprediksi puncak arus balik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur terjadi pada H+4 Lebaran atau Sabtu (7/5/2022).

"Kemungkinan Sabtu adalah puncak arus balik. Karena Senin (9/5/2022) orang-orang mulai kembali beraktivitas dan pada Ahadmereka beristirahat satu hari," kata Yulza, Jumat (6/5/2022).

Untuk perkembangan arus balik dari data yang dihimpun, kedatangan di Terminal Kampung Rambutan mulai mengalami peningkatan pada Rabu (4/5/2022) atau H+1 Lebaran. "Tercatat pada 4 Mei ada 3.862 penumpang yang turun melalui Terminal Kampung Rambutan dengan menggunakan 326 bus," katanya.

Kemudian, pada 5 Mei tercatat sebanyak 5.272 penumpang tiba dengan menggunakan 5.272 bus. "Sedangkan untuk hari ini kami masih merekap data yang masuk," ujar Yulza.

Yulza juga mengungkapkan telah mengantisipasi lonjakan arus balik dengan menyiapkan puluhan personel setiap harinya yang merupakan gabungan dari Kepolisian, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta. Dia menyiapkan sekitar 60 personel setiap hari yang bertugas selama 24 jam untuk mengantisipasi penumpang yang kembali dari kampung halaman.

Baca Juga :
Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan Masih Ramai

"Kami akan mengarahkan penumpang yang ketika sampai tidak tahu menggunakan kendaraan lanjutan atau bus dalam kotanya," ujar Yulza.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah memprediksi puncak arus balik Lebaran terjadi pada Jumat (6/5/2022) hingga Ahad (8/5/2022). "Saya ingin mengingatkan pemerintah memprediksi puncak arus balik terjadi pada 6, 7, dan 8 Mei 2022. Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya imbau, saya ajak saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik," ujar Jokowi dalam pernyataan resminya.

Original Source

Topik Menarik