Puncak Arus Balik 6-8 Mei, Rekayasa Lalin Dimulai Dari GT Kalikangkung-Jakarta

Puncak Arus Balik 6-8 Mei, Rekayasa Lalin Dimulai Dari GT Kalikangkung-Jakarta

Nasional | rm.id | Jum'at, 6 Mei 2022 - 16:16
share

Puncak arus balik di jalur tol, mulai dari Gerbang Tol (GT)Kalikangkung KM414 hingga Jakarta, diramal terjadi mulai hari ini, Jumat (6/5) hingga Minggu (8/5).

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas (lalin) di jalur tersebut, rekayasa one way diterapkan sejak pukul 2 siang tadi.

Menhub Budi Karya Sumadi (rompi merah), Menko PMK Muhadjir Effendy (rompi coklat), dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (rompi kuning) saat mengibarkan bendera, menandaipemberlakuan aruslalin one way di GT Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Minggu (6/5). (Foto: BKIP)

Dalam peninjauan arus balik di GT Kalikangkung Semarang pada hari ini,Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, penanganan arus balik dimulai sore ini.

Mudah-mudahan, tidak ada gangguan. Semua aman dan sehat, sampai tempat asal, ujar Muhadjir, yang hadir bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi.

Menhub menjelaskan, rekayasa lalu lintas yang dimulai hari ini sampai Minggu (8/5) pukul 24.00 WIB, sewaktu-waktu dapat berubah. Sifatnya, situasional.

Penerapannya, ditentukan berdasarkan diskresi dari Kepolisian. Sesuai kondisi kepadatan lalu lintas di lapangan.

Ini merupakan upaya kami, yang telah ditugaskan untuk mengawal mudik yang aman dan sehat. Serta memberikan kebahagiaan dan kegembiraan bagi masyarakat, yang sudah dua tahun tidak mudik karena pandemi, ujar Menhub.

Sementara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengharapkan, kerja sama yang baik darimasyarakat pelakuperjalanan arus balik. Mereka dimintauntuk berkendara dengan selamat dan tertib.

Pada arus balik, biasanya kondisi sudah capek. Jadi, mesti hati-hati dalam berkendara, katanya.

Kakorlantas Firman menjelaskan, penerapan rekayasa lalin akan diterapkan menyesuaikan dengan dinamika kondisi lalu lintas di lapangan. Sewaktu-waktu bisa berubah.

Karena itu, diamengimbaumasyarakat yang terdampakrekayasa lalin ini, untuk menggunakan jalur arteri. Serta memanfaatkan waktu malam hari untuk melakukan perjalanan.

Kami mohon juga kepada masyarakat, jangan menunggu di pintu-pintu tol yang dapat mengakibatkan kemacetan. Karena bisa saja, penerapan rekayasa lalin akan diterapkan sepanjang hari, ucapnya.

Pada arus balik, akan diterapkan rekayasa lalin berupa one way , ganjil genap, hingga lawan arus ( contra flow ). Mulai dari GT Kalikangkung hingga GT Halim Jakarta.

Dalam tinjauannya, Menhub bersama sejumlah Menteri mengunjungi beberapa titik arus balik di Jawa Tengah. Seperti Exit Tol Pekalongan, Posko Pelayanan di Pekalongan, dan Stasiun Pekalongan.

Pada kesempatan tersebut, dibagikan sejumlah paket sembako sebagai bentuk apresiasi kepada para petugas. [HES]

Topik Menarik