Antisipasi Kepadatan Arus Balik Kemenhub Bakal Alihkan Kendaraan Besar Dari Pelabuhan Ketapang Ke Pelabuhan Jangkar

Antisipasi Kepadatan Arus Balik Kemenhub Bakal Alihkan Kendaraan Besar Dari Pelabuhan Ketapang Ke Pelabuhan Jangkar

Nasional | rm.id | Jum'at, 6 Mei 2022 - 10:47
share

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengalihkan kendaraan besar seperti truk logistik dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pengalihan ini dilakukan agar kepadatan di Pelabuhan Ketapang tidak terjadi lagi selama arus balik mudik Lebaran 2022.

"Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang," katanya, Jumat (6/5).

Kemenhub juga menyiapkan sejumlah antisipasi lain, seperti penerapan rekayasa lalu lintas. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan, rekayasa lalin one way akan diterapkan mulai dari masuk ke Banyuwangi tepatnya di Jembatan Timbang Wacuk Dodol dari Probolinggo menuju dermaga.

Kemudian, dari arah Banyuwangi menggunakan jalan lingkar dalam Jawa Timur. Untuk waktu penerapan one way menjadi diskresi pihak kepolisian. "Dengan demikian diharapkan mengurangi konflik kepadatan yang terjadi," katanya.

Pada arus mudik Lebaran 2022, pergerakan penumpang angkutan penyeberangan masih yang tertinggi dibandingkan moda lainnya yaitu sebanyak 2.158.947 penumpang.

Pelabuhan Penyeberangan Ketapang menjadi salah satu pelabuhan terpadat sama halnya dengan Pelabuhan Merak, Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Gilimanuk, dan Pelabuhan Kariangau. [KPJ]

Topik Menarik