Urai Kepadatan Arus Balik di Ketapang, Kendaraan Logistik Dialihkan ke Pelabuhan Jangkar Jatim

Urai Kepadatan Arus Balik di Ketapang, Kendaraan Logistik Dialihkan ke Pelabuhan Jangkar Jatim

Nasional | wartaekonomi | Jum'at, 6 Mei 2022 - 10:35
share

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerjasama dengan stakeholder terkait akan mengalihkan kendaraan besar (truk logistik) dari Pelabuhan Penyeberangan Ketapang di Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar di Situbondo.

Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Kamis (5/5/2022).

Selain pemindahan kendaraan logistik ke Pelabuhan Jangkar, sejumlah antisipasi telah disiapkan yaitu melalui penerapan rekayasa lalu lintas.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan, rekayasa lalin one way akan diterapkan mulai dari masuk ke Banyuwangi tepatnya di Jembatan Timbang Wacuk Dodol dari Probolinggo menuju dermaga. Kemudian dari arah Banyuwangi menggunakan jalan lingkar dalam Jawa Timur. Untuk waktu penerapan one way menjadi diskresi pihak kepolisian.

Dengan demikian diharapkan mengurangi konflik kepadatan yang terjadi, ujar Dirjen Budi.

Pada arus mudik tahun ini, pergerakan penumpang angkutan penyeberangan masih yang tertinggi dibandingkan moda lainnya yaitu sebanyak 2.158.947 penumpang. Pelabuhan Penyeberangan Ketapang menjadi salah satu pelabuhan terpadat bersama dengan Merak, Bakauheni, Gilimanuk, dan Kariangau.

Topik Menarik