Menko PMK Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi Pada Akhir Pekan

Menko PMK Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi Pada Akhir Pekan

Nasional | sindonews | Kamis, 5 Mei 2022 - 21:08
share

Para pemudik yang hendak kembali ke Jakarta, diimbau untuk tidak melakukan perjalanan di akhir pekan. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Sebab menurut Muhadjir, pada hari-hari tersebut kemungkinan akan terjadi lonjakan penumpang yang akan mendatangi pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

"Arus balik kita harapkan malam ini, tapi sementara ini masih landai, karena kalau puncak arus baliknya menjelang terakhir, itu akan sangat merepotkan," ujar Muhadjir dalam konferensi persnya di Pelabuhan Merak, Kamis (5/5/2022).

Oleh karena itu Muhadjir memohon kepada para pemudik, untuk bisa melakukan perjalanan di hari yang berbeda dan menghindari akhir pekan. Supaya tidak terjadi pergerakan arus balik dihari yang sama.

"Untuk supaya secepatnya balik, jangan menunggu puncaknya, karena kalau puncaknya nanti bisa sangat padat yang akan mengganggu kelancaran kegiatan pengelolaan arus balik," ucap Menko PMK.

Meski demikian pihaknya saat ini telah menyiapkan 2 pelabuhan tambahan untuk mengurangi peningkatan volume penumpang diperkuat akan lebih banyak pada puncak arus balik mudik.

Menko PMK menjelaskan 2 Pelabuhan tambahan tersebut adalah Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ). Sehingga masyarakat yang hendak kembali ke Jakarta, tidak hanya dapat turun di pelabuhan merak, namun di distribusikan ke dua pelabuhan tambahan tersebut.

"Insya Allah semuanya siap, termasuk untuk mengantisipasi digunakannya tambahan, di Ciwandan dan juga di BBJ," pungkasnya.

Topik Menarik