Korlantas Polri:  One Way dari Gerbang Tol Kalikangkung Hingga Cikampek

Korlantas Polri: One Way dari Gerbang Tol Kalikangkung Hingga Cikampek

Nasional | gatra.com | Kamis, 5 Mei 2022 - 18:51
share

Semarang, Gatra.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan memberlakukan kebijakan penerapan satu jalur atau one way nasional di jalur tol mulai gerbang tol Kalikangkung Semarang hingga Cikampek Jawa Barat pada arus balik Lebaran.

Menurut Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi penerapan one way dari gerbang tol Kalikangkung hingga Cikampek akan dilaksanakan pada Jumat (6/5), karena diperkirakan puncak arus balik Lebaran pada Sabtu-Minggu.

"Langkah ini perlu dilakukan agar masyarakat tidak terjebak di tengah kemacetan arus balik Lebaran. Kepentingan dan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan jalan tetap harus diutamakan," katanya saat melakukan pengecekan di gerbang tol Kalikangkung Semarang, Kamis (5/5).

Didampingi Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryonugroho, Kakorlantas mengecek kesiapan personel serta perkembangan arus lalu lintas pada arus balik Lebaran di gerbang tol Kalikangkung, Bawen, dan Banyumanik.

Lebih lanjut Firman menyatakan, arus lalu lintas balik Lebaran ke arah Jakarta mulai mengalami peningkatan, sudah menembus rasio 1 sehingga perlu dilakukan intervensi berupa rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan atau kendala serius pada arus balik.

"Bila rasio sudah menembus angka 1, maka sudah tidak bisa lagi dilakukan pengaturan jalur seperti pada masa normal sehingga perlu rekayasa lalu lintas seperti one way ," ujarnya.

Sementara, Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryonugroho menambahkan arus lalu lintas balik Lebaran dari Jateng sudah mulai memadat sehingga dimungkinkan akan diterapkan one way yang bersifat lokal dari gate tol Banyumanik.

"Jika beberapa waktu lalu arus dari Bawen ke arah barat sudah padat merayap, maka saat ini arus sudah makin padat karena rasio kendaraan sudah naik signifikan," katanya.

Agus menambahkan bila penerapan one way nasional tanggal 6 Mei 2022, maka Polda Jateng juga akan melakukan one way lokal dari gerbang tol Banyumanik ke arah barat (Jakarta)..

"Kita akan koordinasikan dengan semua pihak yang terkait, tentunya dengan seizin dari Kepala Korlantas Polri," ujarnya.

Topik Menarik