Loading...
Loading…
Demokrat Desak Kemenkes Bertindak Tangani Hepatitis Akut

Demokrat Desak Kemenkes Bertindak Tangani Hepatitis Akut

Nasional | genpi.co | Kamis, 05 Mei 2022 - 15:20

GenPI.co - Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya Lucy Kurniasari meminta Kementerian Kesehatan segerameneliti penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

Menurut Lucy, hal itu menjadi urgent agar tidak menimbulkan korban lebih banyak lagi.

"Korban tiga anak tidak boleh lagi bertambah akibat terlambatnya penelitian penyebab hepatitis akut," ujar Lucy kepada GenPI.co, Kamis (5/5).

Menurutnya, Kemenkes harus menggunakan semua sumber daya yang dimiliki agar secepatnya mengetahui penyebab hepatitis akut.

"Hanya dengan mengetahui penyebabnya, Kemenkes dapat mengobati dengan tepat pasien yang terkena hepatitis akut," jelasnya.

Dengan begitu, lanjutnya, penyakit hepatitis akut dapat diatasi lebih awal sehingga korban jiwa dapat diminimalkan.

Lucy menegaskan, Kemenkes harus menggunakan semua laboratorium yang dimiliki sehingga penyebab hepatitis akut segera terungkap.

"Saya percaya SDM dan fasilitas yang dimiliki Kemenkes lebih dari cukup untuk mengungkap penyebab hepatitis akut," tuturnya.

Dirinya menyerahkan agar menteri kesehatan memerintahkan aparatnya melakukan penyelidikan segera mungkin.

Baca Juga :
Kelanjutan PTM Tunggu Hasil Penelitian

"Ini sangat penting supaya dapat teratasi secepatnya," pungkasnya.

Sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) resmi mengumumkan wabah hepatitis akut sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) pada 27 April 2022.

WHO mencatat, jumlah laporan kasus ini terus bertambah, di mana tercatat lebih dari 170 kasus dilaporkan oleh lebih dari 12 negara.

Hepatitis akut yang masih belum diketahui penyebabnya ini memiliki gejala antara lain perubahan warna urin (gelap) dan/atau feses (pucat), kulit menguning dan terasa gatal.(*)

Lihat video seru ini:

Original Source

Topik Menarik

{