Tunggu Hasil Evaluasi Pasca Mudik Lebaran KSP: Pemerintah Nggak Buru-buru Tetapkan Status Endemi Covid

Tunggu Hasil Evaluasi Pasca Mudik Lebaran KSP: Pemerintah Nggak Buru-buru Tetapkan Status Endemi Covid

Nasional | rm.id | Kamis, 5 Mei 2022 - 09:33
share

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP)Abraham Wirotomo menegaskan, penentuan skema menuju endemi Covid-19 masih menunggu hasil evaluasi pasca mudik Lebaran.

Hal ini disampaikan Abraham,menyusul beredarnya informasi bahwa pemerintah telah mempersiapkan transisi perubahan status pandemi menjadi endemi Covid-19.

"Untuk skema menuju endemi, pemerintah masih akan menunggu evaluasi beberapa minggu pasca mudik Lebaran. Kita berharap, tidakterjadi lonjakan lagi seperti di negara lain. Pemerintah akan bersiap mengantisipasi, bila terjadi lonjakan," kata Abraham di Jakarta, Kamis (5/5).

Dalam tujuh minggu terakhir, yakni sejak 24 Maret hingga 4 Mei 2022, Covid-19 sudah relatif terkendali. Salah satu indikatornya, data Reproduction Rate (Rt) konsisten bertengger di angka 1.

Selain itu,jumlah kasus Covid-19 per hari juga terus melandai.

Per 3 Mei 2022, tercatat 107 kasus per hari dengan 18 angka kematianper hari, dan 6.951kasus aktif.

"Ini suatu hal yang patut kita syukuri. Apresiasi kepada nakes, TNI/Polri, dan satgas yang terus mengingatkan protokol kesehatan," tuturAbraham.

Pemerintah tidak terburu-buru menurunkan status pandemi menjadi endemi, meski beberapa indikator menunjukkan perbaikan. [HES]

Topik Menarik