Arus Balik Ferry Gilimanuk-Ketapang & Tol Palikanci Mulai Meningkat

Arus Balik Ferry Gilimanuk-Ketapang & Tol Palikanci Mulai Meningkat

Nasional | law-justice.co | Kamis, 5 Mei 2022 - 06:50
share

Arus Balikkendaraan dari tempat lokasi wisatawan seperti dari Bali yang menuju Pulau Jawa, mulai memadati penyeberangan Gilimanuk-Ketapang, sejak Rabu malam (4/5) dan diperkirakan meningkat mulai Kamis ini (5/5).

Dari pantauan wartawan Law-Justice.co di pelabuhan penyeberangan ferry Gilimanuk-Ketapang, arus balik kendaraan bermotor meningkat sejak Rabu malam pukul 19.00 sampai Kamis dini hari. Pemudik yang ingin beristirahat setibanya di Ketapang, Banyuwangi karena sudah larut malam, terpaksa gigit jari karena kehabisan hotel. Akibatnya mereka terpaksa melanjutkan perjalanan dan mencari hotel di sepanjang jalur pantura, jalan raya Banyuwangi-Situbondo.

Sementara itu secara terpisah Manajer Area Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO), Ade Rukmana mengatakan, kendaraan arus balik Lebaran 2022 ke arah Jakartadi Tol Palikanci, Cirebon, sudah mulai terlihat pada Rabu (4/5). Ribuan kendaraan yang melakukan arus balik ke Jakarta mulai terlihat setelah pukul 12.00 WIB. "Jadi datanya setelah jam 12 siang tadi, itu ke arah Semarang lebih tinggi daripada ke arah Jakarta," katanya seperti dilansir dari Antara, Kamis (5/5).

taboola mid article JMTO memantau arus kendaraan pada masa balik Lebaran. Dia menambahkan, menambahkan hingga pukul 18.00 WIB, jumlah kendaraan yang pergi menuju arah Jakarta di Tol Palikanci selalu lebih banyak dibandingkan dengan yang menuju arah Semarang. "Tapi dari jam per jam, ke arah Jakarta lebih tinggi, arah Jateng 2.215 (kendaraan), tapi yang ke arah Jakarta 2.226 (kendaraan)," sambungnya.

Ade mengungkapkan, hal itu merupakan beberapa pemudik yang melakukan arus balik lebih cepat untuk menghindari kemacetan yang mungkin terjadi pada 6-8 Mei 2022.

"Dari Jakarta itu melalui per jam, yang kita pantau dari jam 11, 12 (siang) itu lebih tinggi ke Jakarta dibanding Jawa Tengah, mulai ada peningkatan," terangnya. Menurut pantauan, suasana Tol Palikanci di arah Jakarta maupun Semarang ramai lancar dan tidak ada kepadatan yang terjadi.

Puncak dari arus balik yang terjadi di seluruh Tol Trans Jawa diprediksi akan terjadi pada Jumat (6/5) hingga Minggu (8/5). Para pengendara diimbau untuk melakukan perjalanan ke arah Jakarta lebih awal atau setelah tanggal tersebut.

Topik Menarik