Embat HP Korban Kecelakaan untuk Modus Pinjam Uang

Embat HP Korban Kecelakaan untuk Modus Pinjam Uang

Nasional | jawapos | Rabu, 4 Mei 2022 - 22:48
share

JawaPos.com MB memanfaatkan kelengahan korban kecelakaan dengan mencuri handphone (HP) sambil pura-pura menolong. HP yang diambil lalu dipakai untuk meminjam uang kepada saudara korban.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Mirzal Maulana menjelaskan, kejadian itu dialami SE. Perempuan 57 tahun tersebut mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Tambak Osowilangun. Motornya bertabrakan dengan motor lain.

MB yang kebetulan sedang melintas pura-pura menolong. MB justru memanfaatkan kelengahan korban untuk berbuat pidana, ujarnya, Selasa (3/5).

Tersangka diam-diam mengambil HP korban yang posisinya agak keluar dari saku celana. Korban yang masih trauma setelah terjungkal ke aspal tidak menyadari pencurian itu. Setelah mendapatkan HP korban, tersangka langsung pergi, jelasnya.

Menurut Mirzal, luka yang dialami korban saat itu tidak terlalu parah. SE bisa langsung pulang. Berselang sehari, salah seorang saudaranya datang menjenguk. Korban heran karena sebelumnya tidak memberi kabar kalau kecelakaan, ungkapnya.

Usut punya usut, saudaranya itu ternyata mendapat pesan dari tersangka. Menggunakan HP tersebut, seolah-olah korban berniat meminjam uang. Dalihnya untuk biaya berobat. Beruntung, saudaranya belum meminjami.

SE melaporkan pencurian HP dan percobaan penipuan itu ke mapolrestabes. Upaya tersebut tidak sia-sia. Polisi berhasil menangkap pelakunya.

Mirzal mengatakan, jajarannya menangkap tersangka di tempat kos. MB tidak bisa mengelak karena dia juga kedapatan membawa HP korban yang hilang. Dalih tersangka melakukan pencurian dan percobaan penipuan itu karena ada kesempatan, ungkapnya.

Topik Menarik