Cegah Potensi Kecelakaan, Kakorlantas Ingatkan Pentingnya Stamina Pengemudi

Cegah Potensi Kecelakaan, Kakorlantas Ingatkan Pentingnya Stamina Pengemudi

Nasional | rm.id | Rabu, 4 Mei 2022 - 15:45
share

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Polisi Firman Shantyabudi mengingatkan agar pengemudi yang melakukan perjalanan arus balik, untuk menjaga kondisi kesehatan karena stamina prima sebagai syarat mutlak berlalu lintas.

Firman mengatakan, pengendara dalam kondisi prima dapat mencegah kecelakaan berlalu lintas di jalanan.

Siapkan stamina. Pastikan kesehatan prima, karena sehat dan tidak lelah adalah mutlak syarat utama dalam berlalu lintas, kata Firman melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (4/5).

Firman menjelaskan, pengemudi dengan kondisi prima akan fokus dan penuh konsentrasi saat berkendara sehingga potensi kecelakaan dapat terhindari.

Bagi pengendara yang lelah atau mengantuk, jangan lupa istirahat karena yang terpenting adalah keselamatan," ujar Firman.

Selain itu, polisi jenderal bintang dua itu meminta pengendara untuk memeriksa kondisi kendaraan agar laik jalan agar menghindari kerusakan dalam perjalanan yang berpotensi menimbulkan kemacetan lalu lintas.

"Periksa seperti kondisi mesin, tekanan ban, dan kelengkapan lainnya. Sehingga kondisi kendaraan layak jalan," ungkap Firman.

Puncak Arus Balik

Sebelumnya, Firman juga mengimbau warga yang mudik agar pulang ke Jakarta lebih awal untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

"Karena tanggal 6, 7 dan 8 itu nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi," tutur Firman.

Firman memastikan kesiapan untuk menghadapi arus balik Lebaran 2022 dan meminta masyarakat mengikuti kebijakan dan aturan Korlantas Polri.

Firman menambahkan, Korlantas Polri bersama pemangku kepentingan lain membuat kebijakan rekayasa lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran 2022 guna menangani kepadatan arus kendaraan.

"Apa yang kami kerjakan ini untuk membantu semua pihak," ungkap Firman. [FAZ]

Topik Menarik