4 Amalan Sunah di Bulan Syawal Selain Puasa, Pahala Melimpah

4 Amalan Sunah di Bulan Syawal Selain Puasa, Pahala Melimpah

Nasional | genpi.co | Rabu, 4 Mei 2022 - 12:50
share

GenPI.co - Bulan suci Ramadan telah berakhir dan kini waktu telah memasuki bulan Syawal yang diawali denganIdulitfri. Terdapatamalan sunah bulan Syawalyang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh muslim.

Umumnya masyarakat lebih mengenalamalan sunah bulan Syawalhanya melakukanpuasa Syawalsaja, yakni selama enam hari di awal bulan Syawal.

Namun, tidak hanyapuasa Syawalsaja yang menjadiamalan sunah bulan Syawal.

Silaturahmi

Amalansunah bulan Syawal adalah silaturahmi.Bulan Syawal memiliki keistimewaan karena ketika momentumIdulfitrisemua muslim melaksanakan silaturahmi.

Wujud silaturahmi yang umum terjadi di Indonesia adalah berkunjung ke rumah saudara, teman, bahkan hingga melakukan mudik atau pulang kampung hanya demi dapat menjalin silaturahmi dengan keluarga.

Puasa Senin Kamis dan Ayyamul Bidh

Amalansunah bulan Syawalyang kelima adalah puasa Senin Kamis dan Ayyamul Bidh.

Puasa sunah, seperti puasa Senin Kamis dan Ayyamul Bidh dapat menjadi penyempurna puasa wajib setelah puasa Ramadan.

Menikah

Amalansunnah bulan Syawalyang ketujuh adalah menikah di bulan Syawal. Dianjurkan melangsungkan pernikahan di bulan Syawal dan tidak ada ketentuan khusus mengenai tanggalnya atau bebas tanggal berapa pun.

Menikah di bulan Syawal merupakan salah satu sunah Nabi Muhammad SAW karena Beliau pun menikah dengan Aisyah ra pada bulan Syawal.

Sedekah

Amalansunnah bulan Syawalyang kedelapan adalah sedekah. Sedekah dianjurkan dilakukan kepada fakir miskin dan anak yatim. (ayobandung)

Jangan sampai ketinggalan! Kamu sudah lihat video ini ?

Topik Menarik