Selama Masa Lebaran, AirNav Terima Laporan 40 Balon Udara Liar Ganggu Penerbangan

Selama Masa Lebaran, AirNav Terima Laporan 40 Balon Udara Liar Ganggu Penerbangan

Nasional | inewsid | Rabu, 4 Mei 2022 - 10:00
share

TANGERANG, iNews.id - Pada libur lebaran kali ini AirNav Indonesia kembali mendapat laporan adanya balon udara liar yang terbang bebas di Pulau Jawa. Sejak tanggal 2 Mei 2022 hingga saat ini AirNav mencatat ada 40 balon udara yang menggangu aktivitas penerbangan.

"Kami kembali menerima laporan mengenai balon udara yang terbang bebas hingga ketinggian 35.000 kaki atau sekitar 10,600 meter di atas permukaan air laut, di ruang udara di atas Pulau Jawa dan sekitarnya," ujar Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Rosedi, Rabu (4/3/2022).

Pihaknya pun telah memberi peringatan kepada pilot maskapai agar berhati-hati. AirNav juga telah memetakan area sebaran balon udara liar berdasarkan laporan yang masuk dan menerbitkan sejumlah Notice To Airmen (NOTAM).

"AirNav terus meningkatkan awareness terhadap aktivitas balon udara liar, mengingat potensi dampaknya terhadap operasional navigasi penerbangan menjadi kewaspadaan dan tanggung jawab seluruh stakeholder penerbangan," ujar Rosedi.

AirNav juga berkoordinasi dan berperan serta secara intensif dengan stakeholder penerbangan untuk memantau laporan aktivitas balon udara liar.

Pihaknya juga melakukan langkah-langkah antisipasi dan pencegahan potensi bahaya balon udara liar bagi penerbangan, dengan melakukan sosialisasi dan edukasi masyarakat serta sweeping ke sejumlah wilayah yang diperkirakan menjadi daerah asal balon udara liar.

Topik Menarik