Musim Depan, Suzuki Undur Diri dari MotoGP

Musim Depan, Suzuki Undur Diri dari MotoGP

Nasional | beritabaru.co | Selasa, 3 Mei 2022 - 13:02
share

Berita Baru, Olahraga MotoGP musim depan hanya akan dihuni lima tim pabrikan setelah Suzuki dikabarkan mundur dari MotoGP akhir musim ini.

Di MotoGP 2022, Suzuki merupakan salah satu dari enam tim pabrikan. Lima tim pabrikan lainnya adalah Yamaha, Honda, Aprilia, Ducati, dan KTM.

Jika Suzuki cabut dari MotoGP akhir musim ini maka untuk kali pertama sejak musim 2014 hanya ada lima atau lebih sedikit tim pabrikan di kasta tertinggi ajang Grand Prix. Ketika itu hanya ada tiga tim pabrikan yang tampil: Ducati, Honda, dan Yamaha.

Rumor Suzuki akan meninggalkan MotoGP muncul saat tes di Sirkuit Jerez, Senin (2/5). Manajemen tim pabrikan asal Jepang itu dikabarkan sudah memberitahu seluruh kru dan mekanik mengenai keputusan meninggalkan MotoGP.

Pihak Dorna juga dikabarkan sudah mendapat informasi mengenai keputusan Suzuki meninggalkan MotoGP. Suzuki diyakini akan mengeluarkan pernyataan resmi mengenai keluar dari MotoGP hari ini, Selasa (3/5).

Ini adalah kali kedua Suzuki meninggalkan MotoGP. Pada 2011 tim yang bermarkas di Hamamatsu, Jepang, itu memutuskan mundur dari MotoGP karena masalah finansial.

Krisis finansial yang muncul karena pandemi Covid-19 juga dikabarkan menjadi alasan utama Suzuki meninggalkan MotoGP untuk kali kedua.

Keputusan Suzuki meninggalkan MotoGP juga membuat Joan Mir dan Alex Rins terpaksa mencari tim baru untuk MotoGP 2023.

Topik Menarik