Hari Kedua Idul Fitri, 2.000 Wisatawan Berlibur ke Kepulauan Seribu

Hari Kedua Idul Fitri, 2.000 Wisatawan Berlibur ke Kepulauan Seribu

Nasional | republika | Selasa, 3 Mei 2022 - 17:37
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar 2.000 wisatawan dari berbagai daerah berlibur ke Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, di hari kedua Idul Fitri 1443 Hijriah pada Selasa (3/5/2022). Mereka mengunjungi objek wisata di Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Pramuka maupun Pulau Payung.

"Hari ini kunjungan wisatawan mencapai dua ribu orang, baik yang berangkat dari Pelabuhan Kaliademmaupun Marina Ancol Jakarta Utara," kata Bupati Kepulauan Seribu Junaedi saat meninjau lokasi wisata Jembatan Cinta, Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Selasa.

Junaedi mengimbau kepada Petugas Prasarana dan Sarana Umum(PPSU) maupun petugas pesisir pantai agar membersihkan sampah yang ada di darat maupun di laut di kawasan wisata tersebut. Hal itu karena salah satu keindahan pulau-pulau itu adalah bersih dari sampah.

Bupati Kepulauan Seribu juga mengimbau kepada wisatawan yang berkunjung agar protokol kesehatan (prokes) tetap dijalankan selama berlibur di Kepulauan Seribu untuk menghindari penyebaran Covid-19. Di tempat terpisah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membagikan masker kepada para penumpang kapal di Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, sebelum berangkat ke Kepulauan Seribu, Selasa.

Menhub mengingatkan, kapal yang beroperasi di Dermaga Pelabuhan Kaliadem wajib sudah lulus uji kelaikan sebelum beroperasi. Selain itu setiap kapal yang berangkat menuju ke sejumlah pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu untuk mengangkut para wisatawan itu harus dilengkapi Surat Perintah Berlayar (SPB).

"Dari 31 kapal yang ada di sini hanya 23 yang memenuhi syarat," kata Budi.

Topik Menarik