Hari Pertama Lebaran, Pengunjung Bonbin Bandung Naik 600 Persen

Hari Pertama Lebaran, Pengunjung Bonbin Bandung Naik 600 Persen

Nasional | republika | Senin, 2 Mei 2022 - 21:10
share

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Antusias masyarakat untuk memanfaatkan masa libur lebaran yang cukup panjang, terlihat dari antrean yang mengular di lokasi-lokasi wisata di Kota Bandung. Salah satunya Kebun Binatang Bandung.

Humas Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafi\'i mengatakan, pengunjung langsung memadati kebun binatang tepat setelah jam operasional dibuka, pukul 10.00 WIB.

Jika diakumulasikan, total kunjungan pada Senin (2/5) berjumlah lebih dari 3.000 pengunjung.

Tadi pagi rame, mungkin bisa 3000 an lebih hari ini totalnya, lonjakan baru kelihatan hari ini, kemarin mah masih 500 an, ujarnya saat ditemui Republika di Kebun Binatang Bandung, Senin (2/5/2022).

Tak hanya dipadati warga Bandung Raya, hari ini banyak pula pengunjung dari berbagai wilayah lain seperti Jakarta, Bekasi dan sekitarnya yang berekreasi ke kebun binatang bandung.

Jadi bukan cuma warga Bandung tapi juga wisatawan yang sedang liburan ke Bandung. Tadi mulai padat dari jam buka, jam 10.00. Langsung padat, sambungnya.

Jumlah pengunjung hari ini, kata Aan, masih dibilang lebih sedikit dari prediksi lonjakan pengunjung di hari raya. Namun ini masih tergolong wajar, mengingat di hari pertama lebaran, masyarakat masih disibukkan dengan kegiatan silaturahmi atau berziarah ke makam leluhur.

Biasanya pada mulai rekreasi itu H+1 atau H+2, dan prediksinya puncak itu H+6 atau H+7, di akhir pekan. Bisa sampai 11.000 pengunjung mungkin, kalau kita targetnya segitu, 10-11 ribu, kata Aan.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, Kebun Binatang Bandung telah mendapatkan petugas tambahan dari berbagai lembaga seperti Satgas Covid-19, Satpol PP, Polres, PMI dan banyak lagi. Selain itu, kebun binatang bandung sendiri juga menambahkan sekitar 40 petugas yang ditempatkan di lokasi-lokasi wahana dan pintu gerbang tambahan.

Itu untuk operator wahana perahu, sepeda air, dan wahana lain, dan menjaga pintu masuk tambahan, karena mulai hari ini kita buka dua pintu, pintu Ganesa dan pintu utama. Kalau hari-hari biasa kan hanya pintu utama saja yang dibuka, mulai hari ini pintu Ganesa dibuka. Pengunjung yang masuk dari Pintu Ganesa biasanya ramai mulai besok, jelas Aan.

Selain datang untuk melihat-lihat aneka satwa, banyak pula pengunjung yang sengaja datang untuk mencoba wahana-wahana yang disediakan kebun binatang bandung, mengingat kebanyakan wahana tersebut terhenti operasinya selama dua tahun belakangan akibat pandemi.

Satwa yang paling digemari itu Gajah ya, karena selain bisa melihat, pengunjung bisa juga menungganginya. Kalau wahana kita banyak wahana air yang memang baru dibuka kembali karena dua tahun belakang ditutup akibat pandemi, jelas Aan.

Dea Alvi Soraya

Topik Menarik