Arus Mudik di Perbatasan Purbalingga Terpantau Lancar

Arus Mudik di Perbatasan Purbalingga Terpantau Lancar

Nasional | republika | Minggu, 1 Mei 2022 - 10:22
share

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Kapolres Purbalingga, AKBP Era Johny Kurniawan, mengatakan arus mudik di perbatasan Kabupaten Purbalingga dan Pemalang terpantau lancar. Kapolres meminta pemudik tetap berhati-hati, khususnya saat melintas di daerah rawan kecelakaan.

"Malam ini kami melakukan pemantauan di perbatasan Kabupaten Pemalang dan PurbaIingga. Hasil pantauan arus mudik lancar tidak terdapat kemacetan arus lalu lintas," kata Kapolres.

Kapolres mengatakan bahwa pemantauan dilakukan di daerah Karangreja karena merupakan jalur lintasan pemudik. Lokasi ini sebagai jalur kendaraan dari arah Pemalang untuk menuju daerah-daerah di wilayah Jateng Selatan.

Ruas Karangreja Bobotsari diketahui merupakan jalur yang cukup ekstrim banyak turunan setelah melewati bukit di Pemalang, sehingga pengemudi dihimbau agar waspada. "Selain itu, di jalur ini merupakan daerah rawan kecelakaan karena kondisi jalan yang menurun mulai dari perbatasan Kabupaten Pemalang," kata Kapolres.

Kapolres mengimbau kepada pemudik yang melintas di jalur Karangreja untuk dapat beristirahat sejenak di rest area yang telah disediakan. Telah disediakan berbagai fasilitas seperti bengkel dan tambal ban serta tempat pengisian bahan bakar. Terdapat 6 titik posko terpadu gabungan TNI Polri dan Pemkab Purbalingga yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Rest area bisa digunakan untuk beristirahat dan mendinginkan mesin serta rem. Jadi saat melanjutkan perjalanan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan lebih prima," katanya.

Kapolres juga menginformasikan bahwa jalan tol dari Cikampek hingga Kalikakung Semarang diberlakukan oneway. Oleh karena itu, masyarakat yang ingin kembali ke barat atau Jawa Barat silahkan menggunakan jalan alternatif yang ada, sudah disiapkan oleh pemerintah. Ada jalur selatan, jalur tengah dan pantura di bagian selatan.

Topik Menarik