12 Emak-emak Tewas Tertimbun Reruntuhan Tebing Tanah saat Mencari Butiran Emas

12 Emak-emak Tewas Tertimbun Reruntuhan Tebing Tanah saat Mencari Butiran Emas

Nasional | radartegal | Minggu, 1 Mei 2022 - 04:00
share

12 ibu rumah tangga di Desa Bandar Limabung, Lingga Bayu, Mandailing Natal, Sumatera Utara (Sumut) tewas tertimbun tebing tanah di bekas tambang emas. Ke-12 korban diketahui tengah mencari butiran emas untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Biji emas yang dicari 12 ibu-ibu itu merupakan bekas tambang yang sudah ditinggal pemiliknya. Tepatnyadi lokasi Aek Rura yang berada di bawah perbukitan kawasan Desa Banjar Limabung dengan menggunakan alat dompeng tembak.

Kapolsek Lingga Bayu, AKP Marlon Rajagukguk membenarkanperistiwa tersebut."Betul, kejadiannya itu sekitar pukul 16.00 WIB, korban ada sebanyak 12 orang, semuanya perempuan. Saat itu sedang mencari butiran emas di bekas tempat dompeng (bekas tambang emas)," katanya, Kamis (28/4).

Kapolsek mengatakansebenarnya bekas tambang tersebut sudah dipenuhi dengan lumpur. Namun, mereka masih nekat masuk ke dalam lubang tersebut.

"Lubang bekas dompeng yang kedalamannya sekitar 2 meter yang di dalamnya sudah lumpur semua. Saat mereka di dalam lubang, tiba-tiba tanah tebing yang di sekitarnya ambles," ungkapnya.

12 korban yang tewas itu telah dievakuasi dan sudah berada di rumah duka masing-masing. "Proses evakuasi korban ada sekitar 1 jam, para korban sudah di rumah duka masing-masing," ujarnya. (fin/zul)

Kronologi Tewasnya 12 Ibu-ibu Pencari Butiran Emas

1. Sebanyak 12 emak-emak datang ke lokasi bekas tambang emas di aek rura yang berada di bawah perbukitan kawasan Desa Banjar Limabung, Lingga Bayu, Mandailing Natal, Sumatera Utara.

2. Mereka datang untuk mencari bijih emas dengan menggunakan alat dompeng tembak. Mereka masuk ke lubang bekas dompleng dengan kedalaman sekitar 2 meter.

3. Saat sedang mencari bijih emas di bekas tempat dompeng, tiba-tiba sekitar jam 16.00 WIB tebing di lubang tambang longsor dan mengubur para penambang.

4. Evakuasi dilakukan terhadap para korban yang tertimbun longsor. Hingga akhirnya menemukan 12 korban tewas.

5. Setelah berhasil dievakuasi, para korban selanjutnya dibawa ke rumah masing-masing Korban tambang emas ini di antaranya 9 orang warga Desa Bandar Limabung dan 3 orang warga Desa Simpang Bajole, Kecamatan Lingga Bayu.

Topik Menarik