Tiba di Jogjakarta, Jokowi Langsung Bagi-Bagi Bingkisan Lebaran

Tiba di Jogjakarta, Jokowi Langsung Bagi-Bagi Bingkisan Lebaran

Nasional | radarjogja | Sabtu, 30 April 2022 - 17:08
share

RADAR JOGJA Setibanya di Jogjakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung membagikan paket bahan pokok kepada warga. Berlangsung di pintu selatan Istana Kepresidenan Jogjakarta, Sabtu sore (30/4). Terbungkus dalam tas putih bertuliskan Istana Kepresidenan yang berisikan bahan pokok.

Ribuan warga mengantri di pintu selatan sejak 15.00 WIB. Baik tua, muda, laki-laki maupun perempuan. Penerimanya mulai warga maupun pengunjung yang kebetulan melintas di kawasan Malioboro Kota Jogja.

Jokowi memantau langsung pembagian bingkisan kepada warga. Tanpa berganti pakaian dan mengenakan sandal jepit, Jokowi mendatangi antrian di sisi selatan Istana Kepresidenan. Orang nomor satu di Indonesia ini juga menyempatkan menyapa dan berbincang-bincang dengan sejumlah warga.

Salah satunya adalah Sayem. Perempuan berusia 82 tahun ini justru tak mengetahui sosok didepannya adalah Presiden Republik Indonesia. Hanya saja dia mengaku senang karena mendapatkan bingkisan lebaran.

Alhamdulillah dapat sembako, tidak tahu kalau itu tadi pak Jokowi. Maklum sudah tua, tapi tadi sempat salaman. Senang, bisa buat apa-apa, jelas warga Ledok Tujangan ini ditemui di luar Istana Kepresidenan Jogjakarta, Sabtu (30/4).

Perasaan yang sama juga dirasakan Suparmi. Perempuan berusia 75 tahun rela ikut mengantri. Selain bahan pokok, dia juga mendapatkan amplop putih.

Ayem, seneng bisa ketemu. Dapat amplop vkalih sembako. Tidak deg-degan cuma capek berdiri antrinya, kesannya.

Warga Tukangan Gondokusuman, Mujiyah, 64, ikut mengantri. Perempuan sepuh ini juga sempat berbincang bersama Jokowi. Sekadar tanya kabar dan alamat tempat tinggal.

Tadi menyapa tapi tidak salaman. Dapat amplop, belum tahu isinya berapa. Dapat sembako juga, ujarnya.

Suranto, pedagang asongan kawasan Malioboro tak menyangka bisa bertatap muka dengan Jokowi. Awalnya dia hanya berjualan seperti hari biasa. Hingga melihat kerumunan di pintu selatan Istana Kepresidenan Jogjakarta.

Pria berusia 58 tahun ini sempat berbincang dengan Jokowi. Dia mengaku sudah berprofesi sebagai pedagang asongan di Malioboro sejak 1985. Sementara kediamannya adalah Klaten Jawa Tengah.

Bangga (bisa ketemu Jokowi), dapat bantuan apalagi saya butuh bantuan. Saya berterima kasih kepada pak Jokowi, katanya.

Kapolresta Jogja AKBP Mahdi menuturkan jumlah bingkisan mencapai 5.000 paket. Dia memastikan pembagian bingkisan berlangsung kondusif. Warga ikut antri dengan tertib selama acara berlangsung.

Hari ini sekitar 5000 paket, sampai sore ini masyarakat antusias dan berjalan tertib. Polisi menjaga kambtibmas dan dalam rangka Operasi Ketupat Progo 2022, ujarnya.

Ditanya aktivitas Jokowi, Idham belum bisa memastikan. Hanya saja tetap sesuai rencana awal berlebaran di Jogjakarta.

Iya RI 1 lebaran di Jogja, salat Ied belum tahu nanti sampaikan, katanya. (Dwi)

Topik Menarik