Tradisi Kontes Bandeng Gresik, Hadiahnya Puluhan Juta dan Umrah

Tradisi Kontes Bandeng Gresik, Hadiahnya Puluhan Juta dan Umrah

Nasional | genpi.co | Sabtu, 30 April 2022 - 00:00
share

GenPI.co Jatim - Tradisi kontes bandeng di Gresik, yang digelar setiap akhir Ramadan sudah berakhir dengan memperebutkan hadiah total puluhan juta dan ibadah umrah.

Pemenang tradisi kontes bandeng di Gresik diraih oleh warga asal Pangkah Wetan dengan berat 18,04 kg.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengapresiasi warganya yang masih mempunyai minat tinggi menjaga tradisi daerah dengan ikut kontes bandeng.

Bandeng jumbo milik Syaifullah Mahdi itu dinobatkan sebagai juara satu kontes bandeng 2022 yang digelar bersamaan tradisi pasar bandeng di Alun-alun Gresik.

"Bandengnya luar biasa dari tahun ke tahun. Sebelumnya, kami tambahkan umrah hadiahnya untuk masing-masing juara satu, dua, tiga dan harapan satu," kata Gus Yani, panggilan akrabnya, Jumat (29/4).

Dia menjelaskan tradisi kontes tahunan yang dirangkum dengan pasa bandeng bertujuan untuk menguatkan semangat budi daya bandeng oleh petambak di Gresik.

Adapun untuk juara bandeng 2022, juara satu mendapatkan hadiah uang senilai Rp15 juta, juara dua Rp10 juta, juara tiga Rp5 juta.

Sebagai informasi, tradisi kontes bandeng, merupakan turunan dari Sunan Giri yang konon dulu berniat mengembangkan ekonomi setempat.

Sunan Giri melihat potensi wilayah itu memiliki pertambakan luas, sehingga dibuatlah tradisi Pasar Bandeng di akhir Ramadan atau mendekati Lebaran. (ant)

Jangan lewatkan video populer ini:

Topik Menarik