Ular Bisa Diajak Menjadi Sahabat yang Baik

Ular Bisa Diajak Menjadi Sahabat yang Baik

Nasional | genpi.co | Jum'at, 29 April 2022 - 23:10
share

GenPI.co - Ular masih menjadi salah satu reptil yang dianggap menakutkan dan berbahaya bagi masyarakat. Sebab, bisa ular sangat mematikan bila terkena gigitannya.

Edukasi terhadap masyarakat terkait reptil satu ini masih minim sehingga masyarakat tidak mau memiliharanya.

Nah, hadirnya Komunitas Reptil Cimahi (KRC) memiliki misi memberikan edukasi terhadap hewan ular ini kepada masyarakat.

Ketua Komunitas Reptil Cimahi Jamar Rudi mengungkapkan awal mendirikan wadah ini sebatas hobi karena suka dengan reptil, khususnya ular.

"Komunitas ini berdiri sejak 2010, sampai saat ini sudah memiliki anggota sebanyak 40 orang," jelas Jamar kepada GenPI.co, Kamis (28/4).

Dia menjelaskan awal membentuk komunitas ini ingin memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa ular juga bisa menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan, seperti anjing dan kucing.

"Sampai saat ini orang-orang mengira bahwa ular menjadi hewan yang berbahaya, padahal kalau kita tahu dan paham bagaimana memeliharanya tidak akan membahayakan," katanya.

Jamar menjelaskan, sampai saat ini untuk mengedukasi masyarakat terkait ulat masih cukup sulit, karena sudah terlalu melekat stigma negatifnya.

"Saya berharap melalui komunitas ini banyak ornag-orang akhirnya sadar bahwa ular juga bisa menjadi teman yang baik," tuturnya.

Untuk mewujudkan misinya, komunitas ini sering melakukan kegiatan di tempat terbuka seperti taman dan memamerkan beberapa koleksi ular yang aman untuk disentuh orang. (*)

Heboh..! Coba simak video ini:

Topik Menarik