Cara Merawat Sepatu Sneakers Agar Berumur Panjang

Cara Merawat Sepatu Sneakers Agar Berumur Panjang

Nasional | republika | Jum'at, 29 April 2022 - 16:11
share

Sneakers sudah menjadi produk fashion wajib, setidaknya sebagian besar anak muda pasti memiliki sepasang di rumah. Diambil dari kata dalam bahasa Inggris, sneak, yang artinya menyelinap, kini sepatu yang memiliki sol karet itu kian meluas dengan sebutan sneakers.

Tak hanya untuk berolahraga, sepatu ini cocok dikenakan bersama busana kasual maupun formal. Harga dari sneakers cukup beragam, mulai dari Rp 100 ribu hingga jutaan rupiah.

Sneakers pun perlu dirawat agar lebih awet sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Berikut ini adalah enam tips aman dan mudah dalam merawat sneakers seperti dikutip dari siaran resmi Ninja Xpress pada Jumat, 30 April 2022.

- Kenali jenis sneakers

Sebelum memutuskan membeli sebuah sneakers, pastikan mengetahui bahan yang digunakan sehingga bisa menyesuaikan perawatan yang diperlukan. Tidak semua sneakers memiliki bahan yang sama sehingga diperlukan perawatan yang berbeda juga.

Bacalah informasi detail sepatu yang biasanya tersedia di kotak sepatu atau deskripsi produk jika membeli secara online.

- Bersihkan sneakers dengan benar

Pastikan untuk membersihkan sepatu secara rutin. Bangun kebiasaan membersihkan sneakers setelah digunakan atau bepergian dengan membersihkan bagian yang kotor saja tanpa perlu direndam air ataupun deterjen.

Agar sneaker awet dan tahan lama, sesuaikan cara membersihkan sneakers dengan materialnya. Misalnya, sneakers yang terbuat dari material canvas dapat dibersihkan dengan sikat gigi yang halus, air hangat yang dicampur soda pengembang, atau sabun khusus yang tidak merusak material.

- Semprotkan pelindung sneakers

Zaman sudah serbamodern dan praktis. Saat ini, sudah banyak tersedia pelindung khusus agar sneakers terhindar dari noda yang membuat kotoran menempel. Tips ini dapat menjadi alternatif paling praktis jika memiliki mobilitas yang tinggi dan tidak sempat membersihkan sepatu menggunakan air hangat dan sikat gigi.

Pelindung sneakers ini tidak akan membuat sepatu rusak, justru cukup efektif membantu melindungi sepatu dari noda atau kotoran di sneakers yang akan merusak sepatu.

- Simpan di tempat yang benar

Hindari menempatkan sneakers secara sembarangan. Menempatkan sneakers secara sembarangan dapat merusak material sepatu apabila sirkulasi udara tidak memadai. Selain itu, pastikan sneakers aman dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Sinar matahari menjadi pemicu sol sneakers menjadi kuning. Hal ini juga menjadi alasan mengapa sneakers tidak disarankan langsung dikeringkan di bawah sinar matahari apabila telah selesai dicuci. Oleh karena itu, susun sneakers di dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara cukup baik serta tambahkan silica gel jika memungkinkan.

- Pastikan kaki bersih sebelum mengenakan sneakers

Hal ini cukup sepele namun penting. Pastikan kaki dalam kondisi bersih dari debu atau kotoran tertentu sehingga terhindar dari bau tak sedap.

Selain itu, dengan memastikan kaki dalam keadaan bersih, bagian dalam sneakers akan terhindar dari kotoran tertentu sehingga tidak akan sulit membersihkannya.

- Jangan hanya disimpan

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa sepatu akan lebih awet jika disimpan, namun hal ini keliru karena sneakers yang jarang dipakai ternyata berdampak kepada umur pemakaian yang pendek.

Sneakers yang cukup sering digunakan justru akan membuat karet sol menjadi lebih lentur sehingga tidak mudah rusak. Jadi, koleksi sneakers di rumah akan lebih baik jika rutin dikenakan secara berkala sehingga tetap awet dan dapat digunakan untuk jangka panjang.

Topik Menarik