Jokowi Telepon Vladimir Putin, Bahas Situasi Ukraina hingga G20

Jokowi Telepon Vladimir Putin, Bahas Situasi Ukraina hingga G20

Nasional | inewsid | Jum'at, 29 April 2022 - 15:24
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo melakukan pembicaraan lewat telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Jokowi mengungkapkan dia dan Putin sempat bertukar pikiran mengenai situasi di Ukraina dan G20.

Secara tersirat, Jokowi juga meminta agar perang dapat dihentikan. Indonesia pun siap untuk berkontribusi dalam perdamaian keduanya.

"Bertukar pandangan melalui telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin @KremlinRussia_E tentang situasi di Ukraina serta kerja sama G20. Digarisbawahi bahwa perang harus segera dihentikan dan negosiasi damai diberi kesempatan. Indonesia siap berkontribusi untuk mencapai tujuan ini," ujar Jokowi dikutip dari akun Twitternya @jokowi, Jumat (29/4/2022).

Komunikasi lewat telepon ini juga dikonfirmasi oleh laman resmi pemerintah Rusia Kremlin. Dijelaskan bahwa Putin dan Jokowi turut membahas kerja sama terkait G20. Putin juga menjelaskan mengenai situasi di Ukraina.

"Atas permintaan Joko Widodo, Vladimir Putin menguraikan penilaian Rusia terhadap situasi di Ukraina dalam konteks operasi militer khusus yang sedang berlangsung," dikutip dari laman Kremlin.

Jokowi sebelumnya lebih dulu menghubungi Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Rabu (27/4/2022). Dalam kesempatan tersebut Jokowi berbicara mengenai perdamaian dan Indonesia siap memberikan bantuan kemanusiaan.

"Kemarin saya berbicara dengan Presiden Zelenskyy Ukraina. Saya kembali menegaskan dukungan Indonesia terhadap segala upaya agar perundingan damai berhasil dan siap memberikan bantuan kemanusiaan," ujar Jokowi dikutip dari unggahan di akun Twitter resmi yang diunggah Kamis (28/4/2022).

Topik Menarik