Meski Padat Pemudik, Polri Klaim Jalan Tol dan Arteri Masih Terkendali

Meski Padat Pemudik, Polri Klaim Jalan Tol dan Arteri Masih Terkendali

Nasional | jawapos | Jum'at, 29 April 2022 - 13:23
share

JawaPos.com Gelombang arus mudik mulai terlihat. Baik di jalan tol maupun arteri. Sistem one way atau satu arah hingga ganjil genap (gage) di jalan tol mulai dari KM47 sampai dengan Gerbang Tol Kalikangkung KM414, Semarang, Jawa Tengah juga telah diterapkan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyebut, sejauh ini kondisi ruas jalan tol maupun arteri masih terkendali. Meskipun terjadi peningkatan volume kendaraan. Secara umum kami sampaikan jalur mudik sampai saat ini baik di jalan tol maupun jalan arteri masih dapat terkendali, kata Ramadhan kepada wartawan, Jumat (29/4).

Ramadhan tak memungkiri di jalur arteri juga terjadi kepadatan lalu lintas. Kondisi tersebut turut dipengaruhi oleh sistem rekayasa lalu lintas yang diterapkan di jalan tol.

Di sisi lain, terkait evaluasi gage pada hari kemarin, Ramadhan menilai sudah berjalan cukup baik. Kendaraan sudah mulai disaring sejak awal masuk tol. Sedangkan kendaraan yang sudah terlanjur memasuki tol, maka diperkenankan untuk melanjutkan perjalanan.

Karena penindakan dilakukan akan membuat potensi malah kemacetan sehingga antisipasi sejak dari awal ketika ini diberlakukan ganjil maka ganjil yang lewat, pungkas Ramadhan.

Sebelumnya, Korlantas Polri masih melanjutkan rekayasa lalu lintas di ruas tol selama arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2022. Kebijakan ini dibuat mengingat masih tingginya arus kendaraan mudik. Sistem one way atau satu arah yang sejatinya berakhir pada pukul 24.00 WIB juga diputuskan diperpanjang. Namun, saat ini one way tengah diusapayakan dimulai dari Gerbang Tol Cikampek Utama atau KM70, dari sebelumnya dimulai KM47.

Iya (dimundurkan), ujar Kabag Ops Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi kepada wartawan, Jumat (29/4).

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menambahkan, dengan adanya pemunduran pintu masuk one way maka arus lalu lintas dari Bandung menuju Jakarta bisa di normalkan. Sehingga kendaraan bisa melewati jalan tol kembali.

Saat ini sedang proses pemunduran pintu masuk one way, dari KM 47 ke gerbang Tol Cikatama. Dari gerbang Tol Cikampek utama ke gerbang Tol Kalikangkung masih one way, kata Sambodo.

Topik Menarik