One Way Resmi Ditutup! Puncak Arus Mudik Diprediksi Mulai Hari Ini

One Way Resmi Ditutup! Puncak Arus Mudik Diprediksi Mulai Hari Ini

Nasional | inewsid | Jum'at, 29 April 2022 - 10:55
share

CIKAMPEK, iNews.id - Jasa Marga resmi menutup lalu lintas one way di empat gerbang tol (GT) utama, yakni GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung). Diprediksi puncak arus mudik dimulai pada hari ini.

Menurut Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, prediksi kendaraan meninggalkan Jabotabek melalui empat gerbang tersebut adalah sekitar 264.000 kendaraan atau naik 26 persen terhadap puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019.

Sementara itu untuk prediksi lalu lintas di GT Cikampek Utama hari ini, kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Timur (Trans Jawa) mencapai 131.520 kendaraan, naik 233 persen dibandingkan dengan periode normal November 2021 sebesar 39.554 kendaraan, tutur Heru dalam keterangannya, ditulis Sabtu (29/4/2022).

Pada hari ini, pukul 09.00 WIB terpantau sejumlah titik kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek di antaranya km 48 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah dan Jalan Layang MBZ, serta jelang akses keluar dan masuk rest area km 57.

"Pasca ditutupnya one way, saat ini tengah dilakukan normalisasi jalur yang digunakan untuk one way sebelum akhirnya dapat digunakan untuk menuju arah Jakarta," ujar dia.

Sebagai informasi, pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way dari KM 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sejak Kamis (28/04) pukul 17.28 WIB resmi ditutup pagi ini pukul 08.30 WIB. Hal ini mempertimbangkan tingginya volume lalu lintas dari Jabotabek yang menuju timur via Jalan Tol Trans Jawa.

Topik Menarik