BI Tegal dan Perbankan Buka Layanan Penukaran Uang di Tujuh Rest Area

BI Tegal dan Perbankan Buka Layanan Penukaran Uang di Tujuh Rest Area

Nasional | gatra.com | Kamis, 28 April 2022 - 22:31
share

Slawi, Gatra.com Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal, Jawa Tengah, bersama perbankan di wilayah eks Karesidenan Pekalongan membuka layanan penukaran uang di rest area tol. Hal ini untuk melayani pemudik yang ingin mendapatkan uang baru untuk dibawa ke kampung halaman.

Layanan tersebut antara lain diadakan di rest area ruas tol Pejagan-Pemalang KM 275, Penarukan, Kabupaten Tegal, Kamis (28/4). Di tempat istirahat yang berada di jalur A atau arah Semarang tersebut, sejumlah mobil layanan milik BI dan sejumlah bank disiagakan untuk melayani pemudik yang ingin menukarkan uang pecahan besar ke pecahan kecil. Keberadaan layanan itu pun disambut antusias para pemudik yang sedang beristirahat sejenak.

Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal, M Taufik Amrozy, mengatakan, layanan penukaran uang di rest area tersebut merupakan satu rangkaian dari peluncuran layanan penukaran uang bersama BI Tegal dan delapan bank di Balai Kota Tegal, Kamis (14/4).

"Jadwalnya kita buat bergantian. Nah, hari iniserentak kembali ada delapan bank membuka layanan penukaran uang bersama di rest area tol," katanya.

Taufik menyebut, layanan penukaran uang tersebut digelar di tujuh titik sepanjang ruas tol dari Kabupaten Brebes hingga Batang, yakni di rest area KM 275 Tegal, KM 379 Gringsing, KM 360 Batang, KM 294 Tegal, KM 252 Brebes, KM 282 Tegal, dan rest area Banjaratma.

"Khusus untuk layanan penukaran uang di rest area ini, per bank membawa modal sekitar Rp550 juta dari biasanya Rp380 juta karena animo masyarakat yang meningkat menjelang hari Lebaran," ujar Taufik.

Salah satu pemudik, Erna Susanti (51), mengaku terbantu dengan adanya layanan penukaran uang di rest area saat arus mudik. "Jadi bisa sekalian tukar uang baru pas lagi perjalanan mudik," ujarnya.

Erna mengaku menukar uang sebesar Rp1,3 juta menjadi sejumlah uang pecahan kecil. Uang itu rencananya untuk keperluan THR Lebaran di kampung halaman. "Rencana mau mudik ke Kediri," ungkapnya.

Topik Menarik