Loading...
Loading…
Catat! Ratusan Pengikut Jaringan Teroris NII di Dharmasraya Cabut Baiat

Catat! Ratusan Pengikut Jaringan Teroris NII di Dharmasraya Cabut Baiat

Nasional | wartaekonomi | Rabu, 27 April 2022 - 21:49

Sebanyak 391 warga Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, yang terpapar radikalisme jaringan teroris Negara Islam Indonesia (NII), mengucap sumpah setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam acara cabut massal mantan anggota NII, di auditorium kantor Bupati Dharmasraya, Rabu, 27 April 2022.

Kepala Densus 88 Antiteror Mabes Polri Inspektur Jendral Polisi Marthinus Hukom menyampaikan, kegiatan cabut baiat itu merupakan yang pertama terselenggara dalam jumlah yang banyak.

Tiga bulan yang lalu, kata Marthinus, kegiatan serupa juga pernah diadakan di Provinsi Lampung. Namun, jumlahnya hanya mencapai 120 orang. Untuk itu, dia mewakili negara menyampaikan terima kasih kepada Gubernur, Kepala Polda Sumatera Barat, Bupati Dharmasraya, dan tokoh masyarakat.

Hari ini, saya lihat kesadaran untuk bangkit bersama menjaga NKRI ada di sini (Dharmasraya). Ini untuk pertama kali kami bersama dengan saudara-saudara dalam jumlah yang besar membangun komunikasi. Jumlah paling besar hari ini yang pertama dilakukan, kata Marthinus.

Densus 88, dia menjelaskan, sebagai aparat penegak hukum, tidak hanya bertindak represif namun juga melakukan pendekatan-pendekatan terhadap mereka yang memiliki pemahaman menyimpang.

Baca Juga :
Kadensus 88: Pencabutan Bai`at di Dharmasraya Paling Besar

Kami hadir bagian dari anak bangsa yang mencintai negara ini. Kami ingin duduk bersama, ingin diskusi dan merangkul dengan cinta dan penuh kasih. Ini lebih penting daripada proses penangkapan dan peneggakan hukum," katanya.

Beberapa waktu lalu Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap 16 terduga teroris di Sumatera Barat. Dari 16 terduga itu, 12 di antaranya merupakan warga Kabupaten Dharmasraya.

Original Source

Topik Menarik