Saham Tesla Anjlok di Tengah Pendanaan Pembelian Twitter

Saham Tesla Anjlok di Tengah Pendanaan Pembelian Twitter

Nasional | bukamatanews | Rabu, 27 April 2022 - 16:56
share

BUKAMATA Nilai perusahaan Tesla Inc anjlok 126 miliar dolar AS atau setara Rp1.818 triliun pada, Selasa (26/4/2022) waktu setempat, di tengah kecemasan investor terkait CEO Tesla Elon Musk yang mungkin harus menjual saham perusahaan untuk mendanai pembelian Twitter.

Adapun kontribusi ekuitas tersebut sebesar 21 miliar dolar AS atau setara Rp303,07 triliun untuk pembelian Twitter 44 miliar dolar AS atau setara Rp635,01 triliun.

Dikutip Bukamata dari Reuters , Tesla tidak terlibat dalam kesepakatan Twitter, namun sahamnya telah ditargetkan oleh spekulan setelah Musk menolak untuk mengungkapkan secara terbuka dari mana uangnya untuk akuisisi itu berasal.

Penurunan 12,2 persen saham Tesla pada hari Selasa setara dengan penurunan 21 miliar dolar AS dalam nilai saham Tesla milik Musk, sama dengan 21 miliar dolar AS tunai yang dia berkomitmen untuk kesepakatan Twitter.

Analis Wedbush Securities, Daniel Ives mengatakan, kekhawatiran tentang penjualan saham Musk yang akan datang dan kemungkinan dia terganggu oleh Twitter membebani saham Tesla.

"Ini (yang) menyebabkan bear festival atas nama itu," ujarnya, dikutip Rabu (27/4/2022).

Selain itu, penurunan saham Tesla datang dengan latar belakang yang menantang bagi banyak saham terkait teknologi.

Nasdaq ditutup pada level terendah sejak Desember 2020 pada Selasa, karena investor khawatir tentang perlambatan pertumbuhan global dan kenaikan suku bunga yang lebih agresif dari Federal Reserve AS.

Saham Twitter juga turun 3,9 persen pada Selasa, ditutup pada 49,68 dolar AS, meskipun Musk setuju untuk membelinya pada hari Senin seharga 54,20 dolar ASper saham secara tunai.

Penyebaran kabar yang melebar mencerminkan kekhawatiran investor bahwa penurunan tajam dalam saham Tesla, dari mana Musk memperoleh sebagian besar kekayaannya senilai 239 miliar dolar AS, dapat membuat orang terkaya di dunia berpikir dua kali tentang kesepakatan Twitter.

"Jika harga saham Tesla terus terjun bebas, itu akan membahayakan pembiayaannya," kata analis pasar senior OANDA Ed Moya.

Sebagai bagian dari kesepakatan Tesla, Musk juga mengambil pinjaman margin 12,5 miliar dolar AS yang terkait dengan saham Tesla-nya. Dia sudah meminjam sekitar setengah dari saham Tesla-nya.

Topik Menarik