Dikawal Kapolri, TIga Menteri Jokowi Tinjau Arus Mudik Lebaran Di Merak

Dikawal Kapolri, TIga Menteri Jokowi Tinjau Arus Mudik Lebaran Di Merak

Nasional | rm.id | Selasa, 26 April 2022 - 21:30
share

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menko PMK Muhadjir Efendi dan KapolriJenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau arus mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Merak, Selasa (26/4).

Dalam tinjauan tersebut, Menteri Basuki mengapresiasi semua persiapan pengaturan manajemen lalu lintas yang telah dilakukan Kepolisian dan Kementerian Perhubungan untuk arus mudik Lebaran tahun 2022.

Menteri dua periode ini mengatakan, kelancaran perjalanan mudik tergantung pada tiga hal. Pertama, prasarana infrastruktur yang tersedia. Kedua, regulasi/manajemen lalu lintas. Ketiga perilaku pengguna prasarana atau pemudik.

"Pemerintah sudah menyiapkan semua prasarana, regulasi untuk manajemen lalu lintas saya apresiasi sudah detail pengaturannya. Sekarang tinggal perilakunya para pengguna jasa. Saya kira tinggal dikuatkan lagi sosialisasi regulasinya yang sudah disiapkan kepada para pemudik," kata Basuki.

Untuk kesiapan jalan bagi pemudik yang menyeberang lewat Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung, Basuki menyatakan, perbaikan Ruas Tol Bakauheni - Terbanggi Besar Pematang Panggang Kayu Agung hingga Kramasan - Palembang sepanjang 376 km sudah selesai dan siap dilalui.

"Untuk ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sudah aman dan nyaman, bisa dilalui dengan kecepatan hingga 100km/jam. Tetapi untuk Terbanggi Besar-Kayu Agung hingga Palembang saya himbau maksimal di kecepatan 80 km/jam," lanjut dia.

Meskipun sudah tidak berlubang tapi masih kurang nyaman kondisi jalannya, masih ada beberapa ruas yang perlu direkonstruksi setelah Lebaran 2022. Sedangkan untuk perbaikan Jalan Nasional Lintas Timur (Jalintim) di Sumatera Selatan, Menteri Basuki memastikan juga sudah selesai dan siap dilalui pemudik."Untuk perbaikan 150 lubang yang ada sekarang sudah selesai," ujar Basuki.

Dalam tinjauan di Pelabuhan Merak, Menteri Basuki bersama Kapolri, Menhub dan Menko PMK meninjau sejumlah titik, di antaranya Pos Terpadu Ops Ketupat Tahun 2022 Pelabuhan Merak, posko vaksin, Terminal Terpadu Merak, dan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak.

Selain melihat kondisi arus mudik dan pelayanan terhadap pemudik, pada kesempatan itu Kapolri bersama rombongan Menteri juga memastikan kesiapan jajajaran Polri dari Polda hingga jajaran di bawah dalam menyambut arus mudik. [NOV]

Topik Menarik