4.206 Keluarga Fakir Miskin di Banda Aceh Terima Zakat Konsumtif Baitul Mal

4.206 Keluarga Fakir Miskin di Banda Aceh Terima Zakat Konsumtif Baitul Mal

Nasional | acehsatu.com | Selasa, 26 April 2022 - 08:28
share

ACEHSATU.COM | Banda Aceh - Sebanyak 4.206 fakir miskin di Banda Aceh mendapat zakat konsumtif dari Baitul Mal.

Dalam upaya meringankan beban masyarakat di bulan suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah Baitul Mal menyalurkan bantuan dalam bentuk bantuai tunai.

Hari ini penyaluran langsung zakat untuk fakir miskin konsumtif, dalam artian kita berikan sejumlah uang kepada fakir dan miskin, kata Komisioner Baitul Mal Kota Banda Aceh Aisyah M Ali di Banda Aceh, Selasa.

Aisyah mengatakan pada tahun 2022, Baitul Mal Banda Aceh menyalurkan dana zakat sebesar Rp1,08 miliar untuk masyarakat miskin yang berjumlah 1.801 orang penerima manfaat dan Rp1,9 miliar untuk masyarakat fakir dengan jumlah penerima 2.405 orang.

Masing-masing penerima manfaat menerima uang tunai sebesar Rp800 ribu untuk fakir dan Rp600 ribu untuk miskin. Baitul Mal Banda Aceh menyalurkan langsung ke masyarakat yang terpusat di kantor kepala desa.

Orang fakir itu lebih susah dibandingkan orang miskin, makanya kita lebihkan uangnya dibandingkan orang miskin, kata Aisyah.

Selain itu, Baitul Mal Banda Aceh juga menyalurkan langsung ke rumah-rumah warga bagi yang tidak sanggup datang ke kantor desa karena sakit. Hal ini sebagai bentuk pelayanan Baitul Mal dalam menyalurkan zakat.

Zakat yang disalurkan tersebut bersumber dari penghasilan pegawai negeri sipil kota setempat serta perniagaan, katanya.

Menurut Baitul Mal masih banyak masyarakat fakir dan miskin yang membutuhkan bantuan dari orang lain di Banda Aceh. Sehingga dia mengajak masyarakat ibukota itu untuk menyalurkan zakat melalui Baitul Mal, agar dapat tersalurkan dengan baik kepada penerima manfaat.

Kalau kita lihat Kota Banda Aceh ini, kita fikir tidak ada lagi orang miskin tapi ternyata masih ada banyak sekali orang-orang yang masih perlu bantuan kita. Meskipun dibandingkan tahun-tahun yang lalu sudah banyak kurang, katanya.

Aisyah berharap zakat yang disalurkan tersebut dapat membantu masyarakat dalam memenuhi segala kebutuhan selama Ramadhan dan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Selain untuk masyarakat fakir, miskin konsumtif, kata Aisyah, Baitul Mal Banda Aceh juga menyalurkan zakat bagi zenif fisabilillah berupa beasiswa dan operasional masjid, kelompok miskin disabilitas hingga fakir udzur.

Fakir udzur setiap bulan kita berikan, tapi penyalurannya tiga bulan sekali kita antar ke rumah, katanya.

Topik Menarik