PSI Melunak Usai Jokowi Datangi Sikruit Formula E

PSI Melunak Usai Jokowi Datangi Sikruit Formula E

Nasional | wartaekonomi | Selasa, 26 April 2022 - 14:23
share

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mulai melunak saat bicara Formula E. Setelah Presiden Jokowi bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengunjungi Sirkuit Formula E di Ancol, Senin (25/4), kini PSI bicara soal mengawal pelaksanaan balapan mobil listrik tersebut.

Ketua DPW PSI DKI Jakarta Michael Sianipar mengatakan, kunjungan Jokowi meninjau kesiapan Sirkuit Formula E merupakan bukti Pemerintah Pusat ikut memperhatikan ajang balap mobil listrik itu. "Pak Jokowi berharap acara ini layak dan siap sebagai acara internasional yang diselenggarakan di Jakarta yang merupakan Ibu Kota Negara," kata Michael, saat dihubungi RM.id, Selasa (26/4).

Kini, PSI pun mengurangi gebukannya ke Formula E. Michael beralasan, posisi PSI adalah mengawasi kebijakan dan program Formula E agar berjalan lancar dan bersih. Terutama setiap rupiah dari APBD yang keluar untuk proyek itu. Juga, proses dan prosedur perencanaan hingga pelaksanaan harus akuntabel.

"Bahwa ada Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LPH BPK) dan sorotan dari KPK, menandakan ada rambu-rambu yang memang harus diperhatikan soal perencanaan dan penganggaran Formula E. Itu yang selalu kami ingatkan dan kawal," ujarnya.

Michael menegaskan, pelaksanaan balapan yang menyisakan waktu enam minggu ini harus dikawal. PSI pun tetap pada komitmen mengawal dan memberikan kritik dan masukan. Tujuannya agar setiap program itu bisa dipertanggungjawabkan. "Itulah esensi demokrasi, dan sistem demokrasi ini PSI di Jakarta menjalankan peran sebagai partai oposisi yang kritis, dan bertanggung jawab," ungkap dia.

Dia menambahkan, PSI berupaya memastikan ajang balap ini siap digelar. "Di waktu sisa persiapan ini, kita harus pastikan acara ini akan siap dan sebaik mungkin mewakili wajah Indonesia sebagai ajang internasional. Itu pesan Presiden Jokowi, dan itu sikap PSI Jakarta juga," ucap Mike.

Sebelumnya, Jokowi meninjau sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Kepala Negara sempat berkeliling didampingi Anies. Keduanya hadir di lokasi sekitar pukul 15.12 WIB. Jokowi menaiki mobil golf dan disopiri Anies berkeliling sirkuit.

Topik Menarik