Pemkot Bandung Jamin Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran

Pemkot Bandung Jamin Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran

Nasional | jawapos | Senin, 25 April 2022 - 16:23
share

JawaPos.com Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menjamin ketersediaan sejumlah komoditas bahan pokok menjelang Lebaran. Saat ini, ada kenaikan harga sejumlah barang menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, komoditas yang mengalami kenaikan harga antara lain daging sapi. Pihaknya telah menginstruksikan dinas terkait untuk menjaga agar stok tetap aman dan harga tetap terjangkau.

Tetapi yang pasti kita cek ketersediaanya. Alhamdulilah stok semua tersedia, aman, kata Yana seperti dilansir dari Antara di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Senin (25/4).

Menurut dia, masyarakat diharapkan untuk berbelanja secukupnya. Sehingga ketersediaan bahan pokok serta harga, dapat kembali terkendali.

Harga juga kalau bisa wajar. Konsumen juga harus berbelanja secukupnya, tutur Yana.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, komoditas yang harganya naik yaitu daging sapi di kisaran Rp 140.000Rp 160.000 per kilogram. Sebelumnya harga daging sapi Rp 130.000 per kilogram.

Sedangkan komoditas lain yaitu cabai merah keriting di kisaran Rp 38.000Rp 60.000 per kilogram dan cabai merah tanjung di kisaran Rp 45.000Rp 80.000 per kilogram.

Itu saja yang naik komoditas, untuk lainnya relatif stabil. Beras, ayam, telur tidak ada kenaikan, terang Elly.

Menurut dia, puncak masyarakat berbelanja bahan pokok telah terjadi pada pekan sebelumnya. Sehingga tujuh hari menjelang Lebaran pihaknya optimistis harga akan kembali stabil dan stok akan tetap aman.

Karena Sabtu dan Minggu (lalu) puncak belanja. Sekarang kemungkinan masyarakat sudah pada mudik, ucap Elly Wasliah.

Topik Menarik