Survei SMRC soal Pilpres 2024: Prabowo-Puan Lebih Unggul Dibanding Anies-AHY

Survei SMRC soal Pilpres 2024: Prabowo-Puan Lebih Unggul Dibanding Anies-AHY

Nasional | indozone.id | Minggu, 24 April 2022 - 15:18
share

Hasil survei Saiful Mujani & Consulting (SMRC) menunjukkan akan terjadi persaingan ketat ketika Prabowo Subianto berpasangan Puan Maharani melawan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ganjar Pranowo- Airlangga Hartarto.

Pasangan calon tersebut merupakan hasil simulasi SMRC terkait Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024. Hasil survei tersebut pun dipaparkan Saiful Mujani dalam kanal Youtube SMRC TV.

Dalam salah satu simulasi dengan pilihan tertutup terhadap dua pasangan tersebut, hasil survei menunjukkan pasangan Prabowo-Puan mendapat dukungan sebanyak 41 persen.

Perolehan yang didapati antara simulasi pasangan Prabowo-Puan itu pun unggul atas Anies-AHY yang mendapat dukungan 37,9 persen. Serta sebanyak 21 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Ini seimbang. Selisihnya tidak terlalu signifikan secara statistik, 41 dengan 38. Hanya 3 persen, kata Saiful Mujani dalam keterangannya yang dikutip, Minggu (24/4/2022).

Dalam simulasi lain yang dipaparkan pendiri SMRC, pasangan PrabowoPuan juga masih memiliki kans kuat jika dihadapkan dengan duet GanjarAirlangga, yakni mendapatkan hasil yang juga seimbang.

Pada simulasi tertutup, PrabowoPuan mendapat dukungan 39,3 persen. Beda tipis dari GanjarAirlangga yang mendapat dukungan 40,3 persen. Sementara, 20,5 persennya tidak tahu atau tidak menjawab.

Sementara, dalam simulasi 3 poros, angka dukungan antar ketiganya sangat seimbang satu sama lain. Dimana Anies BaswedanAHY mendapat dukungan 29,8 persen, GanjarAirlangga 28,5 persen, dan PrabowoPuan sebesar 27,5 persen. Sementara 14,3 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Hasilnya saya sebut ini seimbang. Kita lihat perkembangan dua tahun ke depan seperti apa, tandas Saiful.

Survei ini dilakukan dengan melibatkan 1.027 responden, dengan margin of error kurang lebih 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 13-20 Maret 2022.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik