Hadapi Libur Lebaran, Pemkot Yogya Tambah Layanan Vaksin Booster

Hadapi Libur Lebaran, Pemkot Yogya Tambah Layanan Vaksin Booster

Nasional | republika | Sabtu, 23 April 2022 - 22:24
share

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menambah layanan vaksinasi booster atau dosis ketiga selama masa libur Lebaran 2022. Layanan ini disediakan untuk wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, layanan vaksinasi booster selama libur Lebaran disediakan di Posko Penanganan Aduan dan Informasi. Ada tiga posko yang didirikan selama libur Lebaran yakni di Malioboro, di Tugu Pal Putih dan di Titik Nol.

"Wisatawan yang belum vaksin bisa disana," kata Heroe di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Jumat (22/4).

Layanan vaksinasi disediakan mengingat perjalanan keluar daerah diharuskan sudah mendapatkan vaksin booster. Untuk kuota yang disediakan di tiap posko, katanya, juga tidak sama.

"Dosisnya tertentu, ada yang (disediakan) 200 (dosis per posko), tergantung," ujarnya.

Selain itu, layanan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). "Di puskesmas kita siapkan dan di beberapa rumah sakit juga (ada layanan booster)," jelas Heroe.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti juga mengatakan sebelumnya juga menyebut bahwa pihaknya terus menggencarkan vaksinasi booster. Terutama menjelang Lebaran 2022, mengingat ketentuan untuk pelaku perjalanan mudik diharuskan sudah mendapatkan booster.

Haryadi menyebut, pihaknya pun akan menyediakan layanan booster di kawasan Malioboro. Booster disiapkan dengan menyediakan satu unit mobil vaksin menjelang Lebaran di Malioboro.

"Saya siapkan nanti H-7 mobil vaksin, saya parkir di Malioboro. Vaksinasi booster terus kami galakkan, yang belum divaksin ayo booster," kata Haryadi.

Topik Menarik