Pertamina Papua Maluku Jamin Stok BBM Aman Jelang Idul Fitri

Pertamina Papua Maluku Jamin Stok BBM Aman Jelang Idul Fitri

Nasional | republika | Sabtu, 23 April 2022 - 21:39
share

REPUBLIKA.CO.ID,AMBON -- PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku meningkatkan pelayanan guna menjamin ketersediaan dan pemerataan pendistribusian BBM dan LPG di Maluku.

Area Manager Communication, Relations dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Edi Mangun, mengatakan, jelang hari raya Idul Fitri pihaknya melakukan peningkatan stok LPG dan BBM guna memastikan keamanan konsumsi BBM dan LPG terpenuhi. "Kami berkomitmen melayani kebutuhan energi bagi masyarakat secara optimal dengan semangat Energi Istiqamah. Kita tetap mengedepankan pelayanan kebutuhan BBM dan LPG bagi masyarakat yang saat ini konsumsi mulai mengalami kenaikan," kata Edi, Sabtu (23/4/2022).

Dikatakannya, ketahanan stok untuk provinsi Maluku dimiliki dalam kondisi aman yakni ketahanan gasoil sekitar 16 hari dan gasoil 18 hari, serta tiap hari ada aktivitas penerimaan BBM dari Kapal Tanker. Di Kota Ambon telah beroperasi Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) yang melayani pengisian LPG kemasan tabung nonsubsidi.

Hadirnya SPBE dan sarana fasilitas tangki LPG 2x 1000 MT, tentu berdampak positif terhadap ketahanan stok LPG di Provinsi Maluku yang mencapai lebih dari 150 hari.

Sementara itu Sales Area Manajer Maluku, Wilson Eddi Wijaya menyatakan untuk wilayah Maluku tetap dilakukan antisipasi terkait dengan potensi lonjakan konsumsi energi, baik BBM maupun LPG.Pihaknya telah meningkatkan pelayanan dan mendekatkan akses BBM ke masyarakat dengan adanya tambahan Pertashop, SPBU Nelayan, SPBU Kompak BBM 1 Harga, dan Agen Minyak Tanah di Provinsi Maluku.

"Kami juga telah mengantisipasi lonjakan dengan memberikan ekstra dropping minyak tanah sebesar 12 persen dari konsumsi normal guna menjamin ketersediaan bagi masyarakat Maluku sejak minggu pertama Puasa," ujar Willson.

Pertamina selalu berkomitmen dalam menyediakan kebutuhan dan pendistribusian energi bagi masyarakat sepanjang Bulan Ramadhan hingga Idul Fitri ini. Pihaknya juga akan terus melakukan pemantauan penyaluran BBM dan LPG, agar kebutuhan BBM untuk masyarakat dapat terpenuhi dan penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran.

"Kami himbau masyarakat tidak perlu khawatir. Pertamina akan melayani tanpa henti menjalankan amanah memenuhi kebutuhan energi di bulan penuh berkah ini dengan semangat energi istiqomah," kata Willson.

Topik Menarik