KAI Sediakan Tiket Angkutan Lebaran Khusus Untuk Peserta Motis

KAI Sediakan Tiket Angkutan Lebaran Khusus Untuk Peserta Motis

Nasional | rm.id | Sabtu, 23 April 2022 - 16:21
share

Untuk meningkatkan keselamatan para pemudik, PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) melayani Angkutan Motor Gratis (Motis) menggunakan kereta api serta menyediakan tiket Angkutan Lebaran khusus bagi para peserta Motis.

Tersedia kuota angkutan Motor Gratis untuk 9.280 unit motor serta 13.800 tempat duduk KA Angkutan Lebaran khusus bagi para peserta Motis. Daftar relasi perjalanan KA yang dapat dibeli oleh para peserta Motis adalan Relasi Pasar Senen-Semarang Tawang (pp) dan Relasi Pasar Senen-Purwosari (pp)

Adapun syarat untuk pembelian tiketnya adalah hanya berlaku bagi Peserta Motis, 1 motor berlaku untuk maksimal 3 tiket, tiket penumpang berlaku sesuai relasi dan tanggal yang sama sesuai dengan perjalanan motis, periode keberangkatan 26-30 April dan 5-9 Mei.

Pembelian tiket langsung di seluruh stasiun yang melayani Motis (Stasiun Jakarta Gudang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari). Dan, tiket yang sudah dibeli tidak dapat dibatalkan dan diubah jadwal

Kuota tiket KA bagi peserta Motis ini KAI sediakan bagi masyarakat yang ingin mengikuti program Motis tapi belum mendapatkan tiket kereta apinya," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, Sabtu (23/4).

Salah satu persyaratan untuk mengikuti program Motis adalah menunjukkan tiket kereta/bus/travel. Dengan adanya kuota khusus ini, maka calon peserta Motis kini dapat langsung membeli tiket KA dan mendaftarkan motornya untuk dikirimkan ke stasiun tujuan selama kuota untuk rute yang diinginkan masih tersedia.

"KAI mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program angkutan Motor Gratis dan angkutan penumpang khusus peserta Motis, sehingga dapat mengurangi penggunaan kendaraan roda dua untuk perjalanan mudik," tutup Joni.

Program Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) digelar oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan RI dengan menunjuk KAI Group melalui KAI Logistik untuk melayani angkutan Motis 2022 dengan waktu pelaksanaan angkutan mulai 26 April 09 Mei 2022.

Sampai dengan 22 April 2022, sebanyak 1.632 peserta Motis yang telah mendaftar untuk mengirimkan motor dengan kereta api dan sebanyak 1.467 peserta Motis yang menggunakan kereta api untuk mudik dan balik. Adapun tanggal favorit untuk Angkutan Motis yaitu 27, 29, dan 30 April 2022 dengan relasi favorit yaitu Kutoarjo, Semarang Tawang dan Lempuyangan. [ DIT ]

Topik Menarik