Gubernur Ganjar Berharap Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga Bisa Layani Mudik Lebaran

Gubernur Ganjar Berharap Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga Bisa Layani Mudik Lebaran

Nasional | koran-jakarta.com | Jum'at, 22 April 2022 - 14:40
share

BANYUMAS - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo berharap Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJS) di Purbalingga bisa melayani penumpang dengan optimal. Bahkan, bandara tersebut nantinya dapat melayani pemudik saat lebaran nanti.

Hal itu disampaikan Ganjar kepada sejumlah bupati/wali kota di wilayah Berlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen) serta Bergasmalang (Brebes, Tegal, Slawi dan Pemalang) dalam Musrenbang di Convention Centre Banyumas, Jawa Tengah Jumat (22/4).

"Saya sih inginnya itu digunakan untuk mudik lebaran, tapi tadi ada masukan secara teknis airlines harus menyiapkan termasuk bandaranya. Jadi kalau tinggal 14 hari lagi, rasanya agak berat katanya," kata dia.

Meski begitu, pihaknya sudah meminta Dinas Perhubungan untuk komunikasi kepada pihak airlines . Siapa tahu, dalam waktu dekat ini bandara JBS bisa dioptimalkan untuk melayani mudik.

"Kalau ini bisa dilakukan, harapan saya itu sudah bisa dipakai untuk mudik, karena ini momentum sekaligus latihan untuk mempersiapkan semuanya," jelasnya.

Pihaknya mengupayakan. Tak sendiri, namun kepala daerah terkait seperti Bupati Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Banyumas dan lainnya juga akan mengupayakan.

"Tadi bu Tiwi (Bupati Purbalingga) juga sudah ngomong terkait hal ini. Beliau mengatakan kalau 14 hari ya tidak cukup waktunya. Makanya nanti ditanyakan teknisnya seperti apa, agar bisa diselesaikan. Ya mudah-mudahan bisa," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Banyumas, Achmad Husein juga menyampaikan, pihaknya berharap bandara JBS tidak hanya dioptimalkan untuk melayani mudik. Namun, ia berharap bandara itu bisa beroperasi setiap hari.

"Kami harap bandara JBS tiap hari ada penerbangan, karena itu sangat bermanfaat untuk mengingkit pertumbuhan ekonomi di kawasan ini," ujar dia.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, pihaknya kini terus menjalin komunikasi dengan sejumkah maskapai tanah air. Pihaknya berharap, komunikasi itu akan membuat dibukanya rute penerbangan oleh sejumlah maskapai tersebut.

"Kami terus menjalin komunikasi dan berusaha agar maskapai banyak yang melayani penerbangan ke JBS. Tidak hanya saya sendiri, tapi saya bergerak bersama teman-teman bupati yang daerahnya dekat dengan bandara," kata dia.

Topik Menarik