Pembiayaan Tumbuh 6,41 Persen Pada Kuartal 1 UUS Bank DKI Sabet Penghargaan Indonesia Sharia Finance Awards 2022

Pembiayaan Tumbuh 6,41 Persen Pada Kuartal 1 UUS Bank DKI Sabet Penghargaan Indonesia Sharia Finance Awards 2022

Nasional | rm.id | Jum'at, 22 April 2022 - 10:21
share

Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI pada kuartal 1 tahun 2022 tumbuh lebih tinggi dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Yakni, menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 6,35 triliun atau tumbuh 6,41 persen. Sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp 6,96 triliun hingga Maret tahun ini.

"DPK tumbuh 21,60 persen menjadi Rp 6,96 triliun dibandingkan dengan kuartal I-2021 sebesar Rp 5,73 triliun," kata Direktur Ritel & Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, (22/4).

Berbagai pencapaian kinerja keuangan tersebut juga mendorong peningkatan aset yang tumbuh sebesar 18,79 persen dari Rp 6,33 triliun pada kuartal I-2021 menjadi Rp 7,53 triliun pada kuartal I-2022. Kondisi itu terjadi di tengah pandemi covid-19 yang masih belum sirna.

"Berbagai indikator kinerja keuangan tersebut mendorong laba UUS Bank DKI pada kuartal I-2022 yang tercatat sebesar Rp 45,84 miliar," tuturnya.

Dalam mengembangkan bisnisnya, tambahnya, UUS Bank DKI melakukan optimalisasi layanan perbankan syariah kepada lingkungan BUMD DKI Jakarta dan penguatan sektor UMKM menggunakan layanan digital Jakone Abank. Selain itu, UUS Bank DKI juga bersinergi dengan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Melalui penandatanganan pembiayaan Akad Mudharabah Muqayyadah untuk turut berperan serta dalam meningkatkan kapasitas pembiayaan kepemilikan perumahan bagi masyarakat," tuturnya.

UUS Bank DKI juga menyediakan beragam solusi keuangan syariah seperti Tabungan Haji dan Umrah (Taharoh) secara autodebet, pembiayaan KMG Syariah, dan menghadirkan Scan to Pay QRIS JakOne Pay yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran zakat, infaq, dan sedekah secara digital.

Lebih lanjut Babay menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta sebagai pemegang saham serta kepercayaan yang diberikan oleh segenap pemangku kepentingan Bank DKI, terutama nasabah. Ucapan itu juga lantaran UUS Bank DKI menerima penghargaan dalam Indonesia Sharia Finance Awards 2022. (MRA)

Topik Menarik