Loading...
Loading…
Loyal Jaga Kesinambungan Pasokan Batu Bara DPP INSA Diganjar Penghargaan PLN

Loyal Jaga Kesinambungan Pasokan Batu Bara DPP INSA Diganjar Penghargaan PLN

Nasional | rm.id | Jumat, 22 April 2022 - 04:44

Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shipowners Association (DPP INSA) diganjar penghargaan oleh PT PLN. Penghargaan ini diberikan atas komitmen INSA sebagai satu-satunya wadah organisasi pengusaha pelayaran nasional dalam melayani angkutan batu bara untuk kebutuhan PLN.

Penghargaan diserahkan Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo disaksikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (24/1).

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto menegaskan, hal ini sejalan dengan visi dan misi INSA sebagai infrastruktur pembangun perekonomian, alat pemersatu kesatuan dan persatuan bangsa dan negara, serta turut memberdayakan pelayaran niaga nasional.

"INSA sangat menghargai dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh PLN," ujar Carmelita, dalam acara buka puasa bersama bertajuk INSA Berbagi Menggapai Berkah, Kamis (21/4).

Seperti diketahui, pada awal tahun ini terjadi kekurangan stok batu bara di 17 pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang dikelola PLN. Sehingga dibutuhkan volume batu bara yang lebih besar.

Untuk mengatasinya, kementerian dan lembaga serta stakeholders terkait bersama INSA melakukan rapat koordinasi mengenai pemenuhan batu bara PT PLN.

Kerja keras INSA dan anggotanya bersama seluruh stakeholder di sektor kelistrikan nasional membuahkan hasil: PLTU tersebut rata-rata sudah mencapai 15 hari operasi (HOP).

Carmelita mengungkapkan, keberhasilan keluar dari krisis kelangkaan batu bara merupakan hasil kerja efektif yang dilakukan INSA untuk mengkonsolidasikan armada perusahan pelayaran nasional anggota INSA.

Hal ini sekaligus menjadi bukti nyata manfaat positif penerapan asas cabotage bagi negara. Sejak diterapkannya asas tersebut, kata Carmelita, armada nasional terus bertumbuh pesat sehingga mampu melayani seluruh kebutuhan angkutan dalam negeri.

Selain itu, armada nasional dapat dikerahkan dalam menghadapi situasi genting, seperti krisis pasokan batu bara nasional.

Menurutnya, berkat sinergi dan koordinasi antara INSA dan anggotanya bersama Pemerintah dalam hal ini Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PLN, Ditjen Minerba dan lainnya.

"Dibantu juga dengan anak perusahaan BUMN, termasuk kapal-kapal Merah Putih yang saat itu menjalankan ekspor namun sementara ikut mengangkut angkutan batu bara domestik," jelasnya.

Sebagai wujud rasa syukur atas penghargaan tersebut, INSA juga melakukan pemberian santunan kepada anak yatim piatu. "Acara ini juga sebagai wujud syukur dan mempererat silaturahmi INSA, sekaligus meningkatkan sinergi dengan stakeholder industri pelayaran nasional," terang Carmelita.

Sementara Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyampaikan apresiasi atas loyalitas INSA menjaga kesinambungan pasokan batu bara dan ketahanan energi nasional.

"Berkat dukungan INSA, batu bara dapat diangkut dan bisa memenuhi kebutuhan PLTU. Pemadaman listrik bisa dicegah. Kami sangat berterima kasih pada INSA," tutur Darmawan.

Ia berjanji akan melakukan langkah-langkah perbaikan di berbagai lini, terutama yang berkaitan dengan urusan birokrasi. "Kami akan terus melakukan perbaikan untuk menciptakan berbagai kemudahan," tutup dia. [KPJ]

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{