Resep Buka Puasa Lontong Isi Tahu dan Tempe Kecap yang Enak

Resep Buka Puasa Lontong Isi Tahu dan Tempe Kecap yang Enak

Nasional | republika | Kamis, 21 April 2022 - 10:25
share

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Puasa Ramadhan sudah memasuki pekan-pekan terakhir. Namun hal ini bukan berarti teman-teman Republika.co.id tidak semangat lagi untuk menjalankan ibadah wajib tersebut.

Mengonsumsi makanan enak saat berbuka mungkin bisa menjadi pendorong semangat untuk puasa. Dari sejumlah makanan yang ada, kira-kira kawan Republika.co.id sudah mencoba mengolah dan mencicipi lontong isi belum? Makanan ini akan terasa lezat saat didampingi gorengan saat berbuka puasa.

Untuk bisa mengonsumsi lontong isi, berikut ini resep mudahnya. Kawan-kawan Republika.co.id bisa coba mengikuti langkah-langkah ini di rumah, ya!


Bahan utama:
1 liter beras
Air secukupnya
1 kotak tempe dipotong dadu kecil
1 kotak tahu dipotong dadu kecil
3 buah kentang dipotong kecil dadu


Bumbu yang dihaluskan:
5 siung bawang merah
2 siung bawah putih
1 buah kemiri
1 sdt ketumbar
Sepotong kecil jahe
Sepotong kecil kunyit
Secukupnya lada bubuk
Garam secukupnya


Bahan tambahan:
Kecap secukupnya
Bumbu penyedap rasa secukupnya
Sehun helai daun pisang yang segar


Cara membuat:
1. Siapkan panci lalu masukkan beras serta air hingga melebihi satu ruas jari. Masak di atas api sedang hingga air surut lalu aduk dan diamkan sebentar.

2. Siapkan wajan dan minyak goreng yang sudah panas. Masukkan bumbu halus lalu aduk hingga harum. Beri sedikit air lalu tunggu sampai mendidih.

3. Tuang potongan kentang lalu tunggu sebentar. Lalu campur dengan potongan tempe dan tahu. Aduk sampai merata lalu berikan kecap dan bumbu penyedap rasa sesuai selera. Masak hingga matang dan merata lalu angkat.

4. Siapkan sejumlah helai daun pisang yang telah dibersihkan. Potong beberapa bagian daun berukuran persegi panjang.

5. Letakkan nasi dalam bentuk gepeng di atas daun pisang. Selanjutnya, masukkan isian tempe, tahu, dan kentang kecap di tengah nasi.

6. Tumpukkan isian tersebut di atasnya dengan nasi. Lalu bentukkan nasi lontong tersebut seperti kotak atau persegi panjang. Kemudian tutup nasi tersebut dengan daun pisang supaya rapi.

7. Ulangi tahap 5 dan 6 sampai nasi dan isiannya benar-benar habis.

8. Kukus lontong isi tersebut di panci berapi sedang dan tunggu hingga 40 menit. Selesai.

9. Lontong isi siap dikonsumsi bersama keluarga dan jangan lupa didampingi dengan sambal kacang serta gorengan agar terasa lebih nikmat.

Topik Menarik