Tahun Ini Kuota Haji Indonesia 100.051 Jamaah, Ini Rencana Keberangkatan Kloter Pertama

Tahun Ini Kuota Haji Indonesia 100.051 Jamaah, Ini Rencana Keberangkatan Kloter Pertama

Nasional | sukoharjonews.com | Kamis, 21 April 2022 - 09:59
share

Sukoharjonews.com (Jakarta ) Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, tahun ini Indonesia akan memberangkatkan 100.051 jemaah haji. Hal ini disampaikan Menag dalam sambutannya pada Peringatan Nuzulul Quran Tingkat Kenegaraan, di Jakarta.


Setelah dua tahun, kita tidak memberangkatkan jemaah haji karena corona, alhamdulillah atas ikhtiar dan doa kita semua, di tahun ini kita akan kembali memberangkatkan jemaah haji dengan kuota 100.051 jemaah dan 1.901 petugas, ujar Menag.

Insya Allah akan kita berangkatkan kloter pertama tanggal 4 Juni 2022, sambungnya.

Menurut Menag, kepastian jumlah kuota haji ini menjadi salah satu kabar gembira yang perlu disampaikan kepada umat Islam Indonesia dalam peringatan Nuzulul Quran.

Peringatan Nuzulul Quran yang digelar secara hybrid ini dihadiri secara daring oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin. Sementara tampak hadir di Auditorium HM Rasjidi, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, serta jajaran pejabat eselon I dan II Kemenag.

Seperti diketahui, Jerajaan Arab Saudi resmi mengumumkan penyelenggaraan haji 1443 H dengan total jemaah mencapai 1 juta orang. Pengumuman tersebut diterbitkan melalui surat Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. Pemerintah Indonesia menyambut positif atas pengumuman terbaru dari otoritas Saudi tersebut.

Terkait pengumuman tersebut, Menag menyampaikan rasa syukur atas adanya kepastian keberangkatan jemaah haji Indonesia tahun ini. Menurutnya, batalnya pemberangkatan jamaah haji Indonesia dalam dua tahun terakhir telah menyebabkan kerinduan mendalam jemaah Indonesia untuk ke Tanah Suci.

Saya mengucapkan terima kasih kepada Kerajaan Saudi yang memberi kesempatan tahun ini bagi jemaah Indonesia untuk memenuhi panggilan beribadah haji, tuturnya. (nano)


Topik Menarik