Merinding! Irjen Rikwanto Ungkap Penyebab Ambruknya Alfamart Gambut, Diduga Karena Hal Ini

Merinding! Irjen Rikwanto Ungkap Penyebab Ambruknya Alfamart Gambut, Diduga Karena Hal Ini

Nasional | reqnews.com | Selasa, 19 April 2022 - 15:22
share

JAKARTA, REQnews - Bangunan Alfamart di Jalan Ahmad Yani, Kilometer 14, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar yang tiba-tiba ambruk mengejutkan warga sekitar. Banyak pihak yang menerka-nerka apa penyebab amburknya Alfamart tersebut.

Menurut Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Rikwanto, dugaan sementara yang menyebabkan bangunan tiga lantai itu ambruk itu dikarenakan sudah berusia 20 tahun. Hal itu disampaikanRikwanto saat memantau langsung proses evakuasi bersama sejumlah petinggi Polda Kalsel, pada Senin 18 April 2022 malam.

Selain berusia tua, kata Rikhwanto, bangunan tersebut juga berdiri di lokasi yang kerap banjir.

Hal itu menyebabkan fondasi keropos dan tidak kuat lagi menahan beban bangunan.

"Hal ini mengakibatkan fondasi yang ada di bawahnya mengalami kerusakan dan rapuh. Jadi, tidak sekuat ketika awal dibangun,"kata Rikwanto.

Untuk memastikan dugaan tersebut, Rikwanto menyebutkan, pihaknya akan melakukan penyelidikan.

Penyelidikan itu, kata dia, akan melibatkan tim forensik dari Surabaya, Jawa Timur.

"Kemungkinan besok tim dari Surabaya sudah datang ke lokasi. Dengan begitu, bisa diketahui penyebab mengapa ruko ini bisa roboh rata dengan tanah," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, Alfamart di Jalan Ahmad Yani, Kilometer 14, Kecamatan Gambut, Kalsel, ambruk pada Senin 18 April 2022 sore.

Dari data sementara tim gabungan, ada 15 orang menjadi korban tertimbun reruntuhan. Dari jumlah itu, delapan orang berhasil diselamatkan, empat orang masih tertimbun reruntuhan, dan tiga orang ditemukan meninggal dunia.

Topik Menarik