Pemudik di Rest Area Jalan Tol Cukup 30 Menit, Kata Ridwan Kamil

Pemudik di Rest Area Jalan Tol Cukup 30 Menit, Kata Ridwan Kamil

Nasional | genpi.co | Selasa, 19 April 2022 - 15:25
share

GenPI.co - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau kepada pemudiksaat berada di rest area jalan tol cukup 30 menit.

"Jadi aturan 30 menit saya kira memadai lah. Saya kalau dari luar kota ke rest area tol, waktu 30 menit itu lebih dari cukup. Ke toilet 5 menit, peregangan 10 menit, kalaupun makan tambah 20 menit," katanya di Gedung Sate Bandung, Selasa (19/4/2022).

Ridwan Kamil mengatakan jika semua pemudik berpikir mampir ke rest area saat waktu berbuka puasa maka bisa dipastikan hal tersebut tidak memungkinkan.

Oleh karena itu, Ridwan Kamil meminta kepada warga yang melakukan mudik tahun ini untuk menyediakan makanan dan peralatan penting lainnya di mobil agar tidak terjadi penumpukan di rest area tol.

"Imbauan saya barang siapa berniat mudik tolong di mobilnya dibekali makanan yang mencukupi dan hal-hal emergency. Sehingga kalau tidak bisa ke rest area kenyamanan berbuka di jalan masih dilaksanakan," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Kepolisian Jawa Barat (Wakapolda Jabar) Brigjen Pol Bariza Sulfi mengatakan pemudik agar tak berlama-lama di rest area jalan tol sebelum pemberlakuan skema satu arah atau one way.

Pemudik diimbau berada hanya 30 menit di rest area tol karena sebelum diberlakukan skema satu arah, rest area jalan tol harus kosong dulu.

"Itu kan one way itu diberlakukan dari arah Jakarta ke Jateng. Pemudik yang dari arah Jateng, di rest areanya 30 menit. Kan sebelum one way itu harus dikosongkan. Supaya pas selesai keluar dari rest area bisa lewat ke Jakarta pakai tol, kan dia di rest area nih jalan tolnya mau ditutup," ujar Bariza.

Wakapolda Jabar mengimbau masyarakat diminta mengosongkan rest area, sebelum one way diberlakukan yakni mulai Kamis, 28 April 2022 pukul 17.00 WIB.

Menurut Bariza pada 28 April 2022 sejak pukul 15.00 WIB pihaknya sudah akan mengumumkan agar segera meninggalkan rest area karena nanti jam 17.00 WIB akan ada one way. (*)

Jangan sampai ketinggalan! Kamu sudah lihat video ini ?

Topik Menarik