Mini Market Ambruk, Tim Labfor Polri Akan Telisik Penyebabnya

Mini Market Ambruk, Tim Labfor Polri Akan Telisik Penyebabnya

Nasional | jawapos | Selasa, 19 April 2022 - 06:19
share

JawaPos.com Sebuah bangunan minimarket Alfamart di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar yang ambruk. Atas ambruknya mini market ini, 3 orang dikabarkan meninggal, delapan berhasil dievakuasi, dan lima orang masih dalam pencarian.

Terkait kejadian ini, Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto mengatakan, pihaknya mendatangkan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri cabang Surabaya di Polda Jawa Timur untuk mengecek ambruknya bangunan minimarket Alfamart di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar yang ambruk.

Mudah-mudahan besok sudah datang untuk melakukan pemeriksaan dan olah TKP, kata dia saat ditemui di lokasi kejadian, Senin (18/4) malam dikutip dari Antara .

Diakui Rikwanto hasil keterangan warga sekitar, bangunan yang ambruk memang telah berusia kira-kira 20 tahun.

Kemudian kondisi alam seperti kerap terendam air karena wilayah rawa atau gambut hingga bencana banjir, sehingga patut diduga secara konstruksi tidak sesuai dengan kondisi awal berdiri.

Jadi ingin bangunan tua dan disewa oleh Alfamart, ujarnya.

Hingga Senin tengah malam, tim SAR gabungan bersama relawan masyarakat masih berupaya melakukan evakuasi terhadap sejumlah korban yang diduga masih terjebak.

Kapolda menyebut ada lima orang diperkirakan masih berada di bawah reruntuhan bangunan permanen berlantai tiga itu.

Perkiraaan total 16 orang korban saat kejadian termasuk enam karyawan. Delapan berhasil dievakuasi selamat dan tiga meninggal, katanya di dampingi Kabid Humas Kombes Pol Mochamad Rifai.

Sementara Wakapolres Banjar Kompol Mohammad Fihim nampak mengomando tim di lapangan untuk mengamankan lokasi agar proses evakuasi dapat berjalan lancar termasuk pengaturan arus lalu lintas di Jalan Ahmad Yani Km 14 yang sempat macet total akibat banyaknya masyarakat mendekati lokasi.

Topik Menarik