Tahap 2 Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Dibuka, Pemprov Jateng Siapkan Ratusan Armada

Tahap 2 Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Dibuka, Pemprov Jateng Siapkan Ratusan Armada

Nasional | gatra.com | Senin, 18 April 2022 - 15:11
share

Karanganyar, Gatra.com - Para perantau asal Kabupaten Karanganyar, Jateng bisa memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementrian Perhubungan dan Pemprov Jawa Tengah. Pendaftaran dibuka secara daring.

Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Karanganyar, Bambang Prasetyo mengatakan hal itu usai ditiadakannya mudik gratis yang diselenggarakan Pemkab Karanganyar pada Idulfitri 1433 H.

"Jangan berkecil hati. Mau mudik bisa memanfaatkan program serupa dari Kementrian Perhubungan dan Pemprov Jateng. Simak jadwal dan cara mendaftarnya secara daring," katanya kepada Gatra.com usai rakor lintas sektoral pengamanan Idul Fitri di Mapolres Karanganyar, Senin (18/4).

Dalam rapat yang dihadirinya di Semarang beberapa hari lalu, Bambang mendapat informasi sebanyak 350 bus pariwisata disiapkan mengangkut pemudik ke kampung halamannya di sejumlah kota besar di Indonesia di tahap II.

Sebelumnya, pendaftaran tahap I sudah ditutup dengan kuota mengisi 350 bus. Totalnya, Kemenhub menyediakan 700 bus untuk angkutan mudik dan balik 21 ribu penumpang. Terbanyak di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Titik kumpul pemberangkatan di kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Di tahap II, pemudik dapat mendaftar secara daring di laman www.mudikhubdat2022.com. Di dalamnya memuat informasi tata cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, lokasi pemberangkatan mudik maupun balik.

"Bus-bus itu mengangkut hanya sampai ke terminal tipe A di kampung halaman. Kalau di Solo raya, tipe A itu diantaranya Terminal Klaten d Terminal Tirtonadi Solo. Bagi yang rumahnya Karanganyar bisa turun ke sana lalu oper kendaraan umum ke Karanganyar atau minta dijemput keluarga," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Pemprov Jateng juga membuka pendaftaran mudik gratis dari pemberangkatan kompleks TMII ke berbagai kota di Jawa Tengah. Pendaftaran dibuka di https://bit.ly/mudikgratisbantuangubjateng2022.

"Armada dari Jateng ini bantuan dari CSR perusahaan. Kemungkinan Pemprov memang tidak menganggarkan dananya. Mengenai jumlahnya berapa, silakan mengakses di pendaftaran. Ada kuotanya," ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Gatra.com, Pemprov Jateng menyiapkan 100 lebih armada.

Bupati Karanganyar Juliyatmono meminta perusahaan, ormas maupun kelompok masyarakat yang ingin berpartisipasi mengangkut pemudik dapat berkoordinasi ke Dishub Karanganyar atau langsung Pemprov Jateng.

"Tahun ini Pemkab tidak menganggarkan dana. Kebutuhannya Rp300 juta-Rp400 juta. Bukan soal anggaran, tapi asumsinya masih pandemi jadi aktivitas mudik belum diperbolehkan. Bagi siapa yang ingin menyumbang armada, dipersilakan," imbuh Bupati.

Topik Menarik